Pasar Modal RI Sudah Merdeka dari Investor Asing, Ini Buktinya

ADVERTISEMENT

Financial Clinic

Pasar Modal RI Sudah Merdeka dari Investor Asing, Ini Buktinya

Danang Sugianto - detikFinance
Senin, 27 Nov 2017 21:24 WIB
Direktur Pengembangan PT Bursa Efek Indonesia (BEI), Nicky Hogan (Foto: Maikel Jefriando-detikFinance)
Jakarta - Pasar modal Indonesia diyakini sudah mulai merdeka dari pengaruh investor asing. Terbukti dari penguatan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di tengah derasnya aksi jual investor asing.

Direktur Pengembangan PT Bursa Efek Indonesia (BEI), Nicky Hogan mengatakan dari awal tahun hingga saat ini tercatat aksi jual investor asing (net sell) sekitar Rp 25 triliun. Namun dia mencatat IHSG saat ini justru telah menguat 14,5%.

"Biasanya kalau investor asing jual harga saham langsung rontok, pada saat beli langsung naik. Investor lokal hanya ekor. Tapi ini IHSG sudah naik 14,5%. Dalam sejarah 10 tahun terakhir tidak pernah terjadi seperti itu," tuturnya dalam acara Financial Clinic with OJK 'Menjadi Investor Andal di Pasar Modal Indonesia' di The Ice Palace Lotte Shopping Avenue, Jakarta, Senin (27/11/2017).

Menurut Nicky, hal itu salah satunya disebabkan oleh kampanye yang digalakkan oleh BEI yakni Yuk Nabung Saham. Kampanye itu mengajak masyarakat untuk rutin berinvestasi saham walau hanya Rp 100 ribu.

Menurutnya kampanye tersebut cukup mampu menambah basis investor lokal. Sehingga pengaruh investor asing pun mulai pudar.

"Mudah-mudahan pasar modal kita tidak tergantung investor asing, artinya kita jadi tuan rumah di negara sendiri," tandasnya. (dna/dna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT