Follow detikFinance
Kamis 07 Dec 2017, 17:21 WIB

IPO, Eksportir Rajungan Ini Tawarkan Saham Rp 145-155

Danang Sugianto - detikFinance
IPO, Eksportir Rajungan Ini Tawarkan Saham Rp 145-155 Foto: Danang Sugianto/detikFinance
Jakarta - Jumlah emiten di pasar modal Indonesia akan kembali bertambah. Kali ini giliran PT Prima Cakrawala Abadi Tbk (PCA Foods) yang akan melakukan penawaran umum saham perdana (initial public offering/IPO).

Perusahaan yang bergerak dalam bidang pengolahan distribusi hasil perikanan laut khususnya rajungan akan melepas sebanyak 466,6 juta lembar saham atau setara 40% dari total modal yang ditempatkan. Adapun harga yang dibanderol sekitar Rp 145 - Rp 155 per saham.

"Dengan kisaran harga itu kita harapkan dapat dana sekitar Rp 68 - Rp 72 miliar," kata Presiden Direktur PCA Foods Raditya Wardhana di Hotel Haris FX Senayan, Jakarta, Kamis (7/12/2017).

Dari dana hasil IPO tersebut sekitar 30% akan digunakan untuk dana investasi. Adapun perseroan berencana menggunakan total nilai investasi sebanyak-banyaknya Rp 18 miliar.

Dari dana investasi itu sekitar 40% digunakan pembelian peralatan baru, 20% renovasi pabrik dan 40% lagi untuk pembangunan fasilitas baru (mini plant di Rembang, Tuban, Cirebon, Lampung dan Belitung sebagai tempat pengukusan dan pengupasan rajungan.

Sementara sisa dana IPO sebesar 70% digunakan untuk modal kerja perseroan. Seperti pembelian daging dari nelayan, penyedia kapal, dan bahan baku serta pembayaran utang usaha.

PCA Foods sendiri merupakan perusahaan yang baru beroperasi sejak 2014 di Semarang ini, kegiatan usahanya pengolahan distribusi hasil eprikana rajungan. Mereka menyuplai dan memproduksi produk makanan rajungan kalengan siap saji untuk brand lain.

Selama ini PCA Foods memproduksi dan menyuplai rajungan kalengan untuk perusahaan di Amerika Serikat (AS). Total ekspor dari awal tahun hingga Agustus 2017 sebesar 29,2 ton. Sementara tahun lalu total ekspornya mencapai 27,1 ton. Selain AS perseroan juga mengekspor ke Inggris, Bahrain, Singapura dan Malaysia.

(zlf/zlf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed