Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 11 Des 2017 16:43 WIB

Mitra Adiperkasa Tak Gentar Hadapi Pesaing Online di Akhir Tahun

Danang Sugianto - detikFinance
Foto: Rahmi Anjani Foto: Rahmi Anjani
Jakarta - Natal dan Tahun Baru menjadi momen bagi perusahaan ritel untuk mendulang penjualan yang lebih besar di bulan ini. Namun beberapa tahun terakhir para peritel online alias e-commerce juga memanfaatkan moment bulan ini dengan mengadakan Harbolnas setiap 12 Desember.

Kendati begitu, PT Mitra Adiperkasa Tbk (MAPI) selaku salah satu peritel offline terbesar di Indonesia mengaku tak khawatir. Perusahaan percaya ada karakteristik toko offline yang tak dimiliki e-commerce.

"Ya fisik storenya itu sendiri. Karena ada beberapa barang yang memang memerlukan sentuhan fisik, atau melihat sebelum membeli," kata Corporate Secretary MAPI, Fetty Kwartati kepada detikFinance, Senin (11/12/2017).

Selain itu, untuk menarik para pembeli, pihaknya juga melakukan beberapa strategi marketing di bulan ini. Seperti diskon, benefit pembelian, undian hingga upsize untuk pembelian produk makanan dan minuman.

"Kami peritel offline punya strategi marketing dalam rangka promo akhir tahun. Di mana inisiatif ini tetap menjadi incaran customer," imbuhnya.

Fetty menambahkan, biasanya pada kuartal IV memiliki kontribusi terhadap penjualan selama 1 tahun sekitar 30%. Besaran porsi tersebut menjadikan penjualan perseroan di kuartal IV menjadi yang terbesar dibandingkan kuartal lainnya.

Untuk tahun ini pihaknya menargetkan penjualan meningkat 14% dari tahun lalu sebesar Rp 14,1 triliun. Jika dihitung maka perseroan menargetkan penjualan sebesar Rp 16,07 triliun.

MAPI sendiri merupakan perusahaan ritel yang memegang beberapa brand ternama seperti Sogo, Seibu, Galeries Lafayette, Planet Sports, Sports Station, The Athletes Foot, Kids Station dan beberapa brand lainnya.

(mkj/mkj)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed