Follow detikFinance
Jumat 29 Dec 2017, 21:44 WIB

Sepanjang 2017 Total Dana yang Diserap dari Pasar Modal Capai Rp 802 T

Danang Sugianto - detikFinance
Sepanjang 2017 Total Dana yang Diserap dari Pasar Modal Capai Rp 802 T Foto: Agung Pambudhy
Jakarta - PT Bursa Efek Indonesia (BEI) menutup akhir tahun ini dengan gembira. Beberapa indikator terkait pasar modal menunjukkan hal yang positif.

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di akhir tahun berakhir di level 6.355. Bahkan jika dilihat dari posisi awal tahun pada level 5.290, IHSG menguat 20%.

BEI mencatat pemanfaatan pasar modal untuk pendanaan tahun ini bahkan mencapai nilai tertinggi sepanjang sejarah yakni Rp 802 triliun. Dana tersebut berasal dari penawaran umum saham perdana (initial public offering/IPO), penerbitan saham baru (right issue), konversi waran, sekuritisasi aset dan penerbitan obligasi pemerintah, BUMN maupun swasta.

"Semua stakeholder pasar keuangan bahagia," kata Direktur Utama BEI, Tito Sulistio di Gedung BEI, Jakarta, Jumat (29/12/2017).

Tito juga menepis pandangan bahwa asing kabur dari pasar modal Indonesia. Dia mencatat hingga 19 Desember 2017, investor asing telah melakukan penjualan (net sell) sebesar Rp 40 triliun. Namun menurutnya angka itu tidak begitu berarti, sebab pada dasarnya investor asing juga membukukan peningkatan

Tito menjelaskan Hingga 19 Desember 2017 nilai kapitalisasi pasar investor asing mencapai Rp 1.912 triliun. Angka itu naik Rp 221 triliun dari total kapitalisasi pasar investor asing sebesar Rp 1.691 triliun.

"Investor asing tidak lari, asing untung Rp 240 triliun dan hanya jual 15% dari keuntungan yang mereka dapat," tandasnya.

Selain itu, dia juga membanggakan jumlah emiten baru di pasar modal tahun ini mencapai 37 perusahaan. Menurut Tito itu merupakan pencapaian tertinggi dalam 23 tahun terakhir dan terbanyak di negara Asean.

Dirinya pun menargetkan emiten baru di pasar modal tahun depan sebanyak 35 perusahaan. Tito juga menargetkan nilai kapitalisasi pasar dalam 2 tahun mencapai Rp 10.000 triliun. (zlf/zlf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed