Follow detikFinance
Jumat, 29 Des 2017 22:06 WIB

Mau Kuasai Bank Danamon, Mitsubishi Belum Minta Restu OJK

Danang Sugianto - detikFinance
Bank Danamon Bank Danamon
Jakarta - The Bank of Tokyo-Mitsubishi UFJ, Ltd (MUFG) berencana mengakuisisi 73,8% saham PT Bank Danamon Tbk (BDMN). Entitas usaha bank komersial milik Mitsubishi UFJ Financial Group, Inc itu akan melakukannya secara bertahap.

Menurut Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Nomor 56/POJK.03/2016 tentang Kepemilikan Saham Bank Umum, badan hukum lembaga keuangan bank dapat memiliki saham bank lebih dari 40% dari modal bank sepanjang memperoleh persetujuan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Syarat lainnya bank tersebut harus go public untuk mencapai kriteria kepemilikan publik paling sedikit 20%.

Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso mengaku belum menerima permohonan resmi dari MUFG untuk melakukan hal tersebut. Padahal restu OJK sangat dibutuhkan untuk memenuhi rencana tersebut.

"Mereka belum ke kita, nanti silahkan akan kita lihat, akan kita proses," tuturnya di Gedung BEI, Jakarta, Jumat (29/12/2017).

Wimboh mengatakan, jika memang MUFG berniat serius pihaknya menunggu itikad dari MUFG. Meskipun OJK masih akan melakukan beberapa kajian sebelum memberikan restu.

"Kalau nanti merupakan aksi koporasi ya silahkan nanti kita kasih lapor ke kita dan kita proses," imbuhnya.

Namun dirinya berharap agar nantinya ketika MUFG telah menjadi pemegang saham pengendali Bank Danamon agar bisa ikut berkontribusi terhadap perkembangan perekonomian nasional.

"Tentunya semua akuisisi kalau terjadi kita harapkan bisa membawa memberikan kesempatan atau memanfaatkan kesempatan pertumbuhan ekonomi. Jadi tidak bisa hanya sekadar akuisisi dan tidak punya rencana jangka menengah panjang. Mereka boleh saja komitmen-komitmen nanti silakan datang, nanti kita lihat," tandasnya. (hns/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed