Follow detikFinance
Selasa, 02 Jan 2018 10:53 WIB

Buka Perdagangan Saham, JK Singgung Soal Ekonomi di Tahun Politik

Eduardo Simorangkir - detikFinance
Foto: Eduardo Simorangkir/detikFinance Foto: Eduardo Simorangkir/detikFinance
Jakarta - Wakil Presiden Jusuf Kalla(JK) hari ini membuka perdagangan saham awal tahun. Selain membuka perdagangan, JK juga memberikan sambutan pada acara yang dihadiri oleh sejumlah Menteri Kabinet Kerja itu.

Dalam sambutannya, JK menyinggung soal tahun 2018 yang disebut banyak orang sebagai tahun politik lantaran menjadi waktu pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak. Namun, JK mengingatkan walaupun ada sentimen tahun politik, dia memastikan seluruh kegiatan ekonomi di Indonesia akan berjalan lancar dan tak akan terjadi benturan-benturan kekacauan di masyarakat.

"Tidak ada bukti tahun politik ada kerusuhan. Sekarang kampanye bukan lagi secara langsung di jalan, tapi sudah melalui udara, media sosial. Jadi berbeda sekali dengan tahun politik yang lalu-lalu. Jadi Insya Allah tak akan terjadi benturan," katanya di Gedung BEI, Jakarta, Selasa (2/1/2018).

JK meyakini, tahun ini pertumbuhan ekonomi Indonesia akan kembali melanjutkan tren positif. Meskipun tahun lalu ada sejumlah anomali dalam perekonomian, namun dia meyakini pertumbuhan tahun ini akan lebih kencang dari tahun sebelumnya.

"Kita wajib bersyukur karena hampir semua indikator ekonomi nasional kita berjalan baik. Walaupun ada anomali sedikit. Inflasi rendah, utang terjaga, politik nasional baik, stabil, harga komoditas baik, walaupun pertumbuhan kita tidak bisa sekencang negara lain. Tapi sekarang alhamdulillah naik," ujarnya.

Dia pun berharap anomali tersebut bisa dihilangkan tahun ini. Secara khusus bagi pasar modal, dia berharap bisa menjadi instrumen pembantu pembangunan perekonomian nasional yang lebih kuat, dengan memperbaiki sejumlah sektor yang kurang bisa melaju kencang tahun ini.

"Tahun ini tahun yang memberikan harapan. Jadi tentu kita mengucapkan selamat atas pencapaian yang sudah ada sebelumnya. Mudah-mudahan banyak lagi perusahaan yang akan listing di BEI," pungkasnya. (eds/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed