Follow detikFinance
Kamis 04 Jan 2018, 11:08 WIB

Intip Saham-saham yang Bakal Moncer di 2018

Danang Sugianto - detikFinance
Intip Saham-saham yang Bakal Moncer di 2018 Foto: Grandyos Zafna
Jakarta - Tahun 2017 bisa dibilang sebagai tahun yang positif bagi dunia pasar modal. Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) berkali-kali pecahkan rekor, beberapa saham bahkan ada yang menguat hingga ribuan persen.

Lalu bagaimana dengan tahun ini? saham apa yang bakal memberikan cuan besar?

Menurut Analis Recapital Kiswoyo Adi Joe, tahun ini menjadi tahun yang penuh dengan peluang dan risiko. Risiko yang dimaksud adanya pilkada serentak dan menjelang pilpres 2019, sehingga intrik politik akan mulai terasa.

Namun di tengah risiko tersebut, ada sebuah peluang. Biasanya setiap kali ada pemilu maka perputaran uang di masyarakat akan lebih besar dari biasanya.

"Putaran uang di masyarakat akan bergerak lebih banyak daripada biasanya. Secara otomatis roda ekonomi akan berputar lebih cepat dari biasanya," tuturnya dalam risetnya yang diterima detikFinance, Kamis (4/1/2018).

Dengan putaran uang yang bergerak lebih banyak dari pada biasanya, hal itu akan memacu bursa saham bergerak lebih tinggi lagi. Menurut Kiswoyo ada beberapa saham yang akan terkena dampak positif langsung dan sebagian lainnya tidak langsung.

"Karena akan ada banyak kegiatan yang luar biasa besar biayanya. Mulai dari pencetakan poster, spanduk, umbul umbul, kaos seragam, belum lagi bagi bagi sembako, dan kegiatan lainnya. Karena itu uang akan banyak berputar di masyarakat bawah," imbuhnya.

Jika melihat hal tersebut, maka saham konsumsi dan media yang akan terkena dampak positif secara langsung. Sedangkan saham perbankan sebagai penyokong kegiatan ekonomi juga akan terkena dampak tidak langsung.

Untuk sektor konsumsi direkomendasikan saham PT Unilever Indonesia Tbk (UNVR), PT Indofood Sukses Makmur Tbk (INDF), PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk (ICBP) dan PT Nippon Indosari Corpindo Tbk (ROTI).

Saham media yang diperkirakan akan menarik adalah PT Media Nusantara Citra (MNCN) dan PT Surya Citra Media Tbk (SCMA). Sementara saham perbankan yang dianggap berdampak secara tidak langsung yang dipilih yakni PT Bank Central Asia Tbk (BBCA), PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI), PT Bank Mandiri Tbk (BMRI) dan PT Bank Negara Indonesia Tbk (BBNI). (dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed