Follow detikFinance
Kamis, 04 Jan 2018 14:11 WIB

Menyusun Strategi Investasi Saham di Awal Tahun

Danang Sugianto - detikFinance
Foto: Rachman Haryanto Foto: Rachman Haryanto
Jakarta - Mumpung masih awal tahun ada baiknya menyusun strategi investasi. Tentunya dengan pertimbangan kondisi ekonomi maupun politik yang terjadi di Indonesia.

Menurut Analis Recapital Asset Management Kiswoyo Adi Joe, instrumen investasi saham dan reksadana tahun ini masih cukup menjanjikan. Meskipun tahun ini banyak yang bilang sebagai tahun politik.

"Sebetulnya saham dan reksadana itu masih menjanjikan. Karena Pilkada serentak juga membuat ekonomi masih jalan," tuturnya saat dihubungi detikFinance, Kamis (4/1/2017).

Risiko investasi yang mungkin terjadi di tahun ini lantaran adanya pilkada serentak dan menjelang pilpres 2019, sehingga intrik politik akan mulai terasa. Namun di tengah risiko tersebut, ada sebuah peluang. Biasanya setiap kali ada pemilu maka perputaran uang di masyarakat akan lebih besar dari biasanya.

Dengan putaran uang yang bergerak lebih banyak dari pada biasanya, hal itu akan memacu bursa saham bergerak lebih tinggi lagi.

"Semester 1 di tahun 2018 kami melihatnya sebagai masa paling aman untuk trading atau investasi di bursa saham dibandingkan dengan semester 2 tahun 2018," imbuhnya.

Kiswoyo memprediksi IHSG di tahun ini bisa menembus rekor baru di level 6.500 pada akhir semester I-2018. Namun di akhir 2018 diperkirakan akan berada dalam rentang 6.200-6.300.

Sementara untuk instrumen investasi obligasi dianggap kurang menarik. Sebab dengan adanya kenaikan peringkat dari S&P dan Fitch Ratings membuat yield obligasi turun.

"Jadi masih lebih baik saham dan reksadana. Kalau reksadana lebih baik campuran," tukasnya.

Kiswoyo juga memperkirakan, kondisi perekonomian Indonesia akan lebih baik tahun ini. Sebab kondisi pasar modal dianggap sebagai potret perekonomian suatu negara.

"Kemarin IHSG kita sudah naik kencang, IHSG itu gambaran ekonomi 6 bulan ke depan. Pertumbuhan ekonomi kita bisa 5,2-5,3%," tandasnya. (dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed