Follow detikFinance
Senin 08 Jan 2018, 11:40 WIB

3 BUMN Siap Terbitkan Obligasi Global Tahun Ini

Trio Hamdani - detikFinance
3 BUMN Siap Terbitkan Obligasi Global Tahun Ini Foto: Fadhly F Rachman/detikFinance
Jakarta - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno mengatakan, pada tahun ini akan ada 3 perusahaan milik negara yang siap menerbitkan obligasi global (global bond) menyusul PT Jasa Marga (Persero) Tbk yang sudah lebih dulu.

"Masih ada (global bond yang akan diterbitkan tahun ini), mungkin tiga lagi," kata Rini usai jalan santai dan breakfast meeting bersama Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Salahuddin Uno, Senin (8/1/2018).

Hanya saja, Rini masih merahasiakan nama BUMN yang bakal menerbitkan obligasi global berdenominasi Rupiah tahun ini. Pada waktunya akan segera diberitahukan ke publik.

"Saya enggak boleh ngomong sekarang (BUMN yang akan menerbitkan obligasi tahun ini)," lanjutnya

Sekadar diketahui, Jasa Marga berhasil menyepakati penerbitan global bond pertama yang dinamai Komodo Bond, dengan nilai Rp 4 triliun pada 30 November 2017.

Penerbitan Komodo Bond terbilang sukses. Tingkat partisipasi global dapat dikatakan tinggi. Hal ini mengakibatkan masuknya order book yang konsisten sepanjang hari, setelah transaksi diumumkan, dari berbagai investor berkualitas tinggi.

Obligasi tersebut, dialokasikan sebesar 26% ke Amerika Serikat, 19% ke Eropa, dan 55% ke Asia. Dilihat dari tipe investor, 84% dialokasikan kepada asset management dan 16% kepada ke bank/ institusi public/Private Banking. Obligasi dicatatkan pada 13 Desember 2017 di London Stock Exchange (ISM) dan Bursa Efek Singapura (SGX).

(zlf/zlf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed