Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 16 Jan 2018 13:26 WIB

Struktur Utama Gedung BEI Dipastikan Aman

Selfie Miftahul Jannah - detikFinance
Foto: Rengga Sancaya Foto: Rengga Sancaya
Jakarta - Direktur Penilaian Perusahaan Bursa Efek Indonesia (BEI) Samsul Hidayat menjelaskan kondisi gedung utama BEI dipastikan aman. Selasar yang sempat ambruk di Senin sore lalu

"Kami sudah mendapatkan konfirmasi dari pihak gedung bahwa secara main structure gedung ini tidak ada persoalan. Yang kejadian kemarin terjadi di second structure -nya, di struktur yang secondary," kata dia di Gedung BEI, Selasa (16/1/2018).

Dirinya menjelaskan, kondisi dan situasi aman dari struktur gedung sudah terkonfirmasi sejak sore lalu. Selain menambah keamanan demi keselamatan di dalam gedung, pihaknya juga menambah penyangga untuk mengamankan selasar penghubung di sekitar yang ambruk agar tidak ada kejadian serupa.

"Kami tidak akan melaksanakan hari ini tanpa ada surat konfirmasi dari penyelenggara gedung. Alhamdulillah surat nya sudah dapat kemarin sore makanya acara kita teruskan pada pagi hari ini. Dan semua yang diperkirakan akan untuk lanjutan selasarnya sudah dipasang tonggak penopang," kata dia.

Sementara itu, pasca runtuhnya selasar Bursa Efek Indonesia (BEI) pada Senin sore, Gedung Tower 2 ditutup rapat oleh papan putih. Tiang pengait yang digunakan untuk menumpu selasar di Lantai 1 tampak diikat dengan kain silver. Dari pantauan detikFinance ada tujuh tiang yang diikat yang bertujuan untuk menyangga bobot selasar agar selasar yang roboh tidak mengalami perluasan.

Selain diikat, pengamanan di kawasan lobby utama Tower satu juga menjadi lebih ketat. Terlebih pintu utama yang menghubungkan antara Tower 1 dan Tower 2 tidak dibuka untuk seluruh kepentingan, kebanyakan ditutup atau orang tidak boleh keluar masuk demi alasan keselamatan.

Pasca runtuh, gedung BEI tampak rapi dan normal. Tidak tampak reruntuhan yang terlihat di bagian luar, karena bagian dari reruntuhan di bagian dalam selasar ditutup rapat oleh papan putih. Begitupun ketika masuk ke dalam tower satu, berbagai akses di beberapa selasar yang menghubungkan tower satu dan dua dijaga satu satpam dengan tanda garis polisi. (dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed