Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 02 Feb 2018 14:02 WIB

Anak Usaha VIVA Terbitkan Obligasi Rp 4 T buat Bayar Utang Induk

Danang Sugianto - detikFinance
Foto: Yulida Medistiara Foto: Yulida Medistiara
Jakarta - PT Intermedia Capital Tbk (MDIA) berencana menerbitkan obligasi global senilai US$ 300 juta atau setara Rp 4,05 triliun (kurs Rp 13.500). Dana tersebut nantinya akan dipinjamkan kepada induk usahanya PT Visi Media Asia Tbk (VIVA) yang akan melakukan pembiayaan kembali atas utang-utangnya (refinancing).

Melansir dari keterbukaan informasi, Kamis (1/2/2018), MDIA akan menerbitkan obligasi tersebut dengan bunga maksimum 10% per tahun yang jatuh tempo dalam waktu 5 tahun. Diperkirakan pelaksanaannya pada Maret 2018.

Dana obligasu tersebut akan diberikan kepada VIVA dalam bentuk utang. Kedua entitas uaha itu telah menandatangani perjanjian pinjaman MDIA-VIVA dengan plafond maksimum US$ 400 juta serta tingkat suku bunga sebesar 1% di atas suku bunga obligasi global tersebut. Adapun jangka waktu pinjaman adalah
15 tahun.

VIVA sendiri akan menggunakan pinjaman dari anak usahanya itu untuk membayar utang pokok dan bunga kepada CAT (Cakrawala Andalas Televisi) dan LM (Lativi Mediakarya) dengan besaran masing-masing US$ 78,37 juta dan US$ 52 juta atau secara keseluruhan sebesar US$ 130,45 juta yang sebagai konsekuensinya akan tercatat sebagai utang VIVA kepada MDIA.

Sekadar informasi perseroan telah menandatangani Perjanjian Pinjaman CAT-VIVA dengan bunga sebesar 1% sebesar US$ 121,52 juta. Saat ini posisi utang sudah mencapai US$ 124,12 juta. Sementara utang kepada VIVA kepada LM sebesar US$ 52,08 juta dengan bunga yang sama. (dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed