Follow detikFinance
Senin, 05 Feb 2018 18:13 WIB

Lapor BEI, Ini Alasan Ratu Prabu Mau Bangun LRT Rp 405 Triliun

Danang Sugianto - detikFinance
Foto: Ardan Adhi Chandra Foto: Ardan Adhi Chandra
Jakarta - PT Ratu Prabu Energi Tbk (ARTI) akhirnya menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh PT Bursa Efek Indonesia (BEI) terkait proyek Light Rail Transit (LRT) 400, senilai Rp 405 triliun. Menurut manajemen Ratu Prabu, LRT dibidik lantaran bisnis utama minyak dan gas menurun.

Di sisi lain, perseroan terpanggil mengatasi kemacetan di Jakarta sekaligus melihat adanya peluang di permasalahan tersebut.

"Oleh karena itu kami berinisiatif untuk berkontribusi menyelesaikan masalah itu sesuai dengan rencana pemerintah. Selain itu kami melihat masih tingginya kebutuhan masyarakat yang memerlukan transportasi yang layak seperti LRT," kata Direktur Utama ARTI Burhanuddin Bur Maras dalam surat jawaban seperti dilansir dari Keterbukaan Informasi, Senin (5/2/2018).


Bur Maras melanjutkan, tahapan proyek perseroan telah melakukan feasibility study yang dilakukan oleh Bechtel Corporatiobnpada Desember 2017. Selain itu perseroan sudah menerima komitmen perusahaan China yang ingin berpartisipasi dalam proyek tersebut.

"MoU telah ditandatangani dengan salah satu perusahaan dari China yang ingin berpartisipasi dalam pembangunan proyek LRT," tuturnya.


Ratu Prabu sedang melanjutkan koordinasi dengan pemerintah seperti Menteri Perhubungan, BPTJ (Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek), Bappenas dan pemangku kepentingan lainnya sambil mengurus perizinan yang dibutuhkan. Perizinan itu dibutuhkan untuk melanjutkan tahapan selanjutnya dari sisi teknis maupun keuangan.

"Sesudah skema financing telah disepakati maka selanjutnya desain detail dan studi lainnya serta purchasing dengan proses tender akan dilakukan," tambah Bur Maras.

Manajamen ARTI juga mengaskan belum ada informasi, fakta atau kejadian penting lainnya yang material dan bisa mempengaruhi harga efek perusahaan, serta kelangsungan hidup perusahaan.

(hns/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed