Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 22 Feb 2018 13:32 WIB

Bayar Utang, Induk TvOne Terbitkan Surat Utang Rp 4 Triliun

Ardan Adhi Chandra - detikFinance
Foto: Ardan Adhi Chandra/detikFinance Foto: Ardan Adhi Chandra/detikFinance
Jakarta - PT Intermedia Capital Tbk (MDIA) berencana menerbitkan obligasi global US$ 300 juta atau setara Rp 4,05 triliun (kurs Rp 13.500). Obligasi tersebut rencananya diterbitkan paling lambat akhir kuartal I-2018 atau Maret.

MDIA akan menerbitkan obligasi dengan bunga maksimum 10% per tahun yang jatuh tempo dalam waktu 5 tahun. Dana obligasi tersebut akan diberikan kepada VIVA dalam bentuk utang.

"Maret ini," kata Wakil Presiden Direktur VIVA Anindra Ardiansyah Bakrie ditemui di Epicentrum Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (22/1/2018).

Pria yang akrab disapa Ardi mengatakan, jumlah penerbitan obligasi global tersebut bisa berubah tergantung permintaan pasar. Jika permintaan dirasa kurang bagus, jumlah penerbitan berpotensi dikurangi atau bahkan dibatalkan.

"Bond belum pasti (berapa), lihat keadaan pasar serap berapa. Kalau nggak diserap ya nggak diterbitin," ujar Ardi.

Dari rencana penerbitan obligasi global US$ 300 juta, sekitar US$ 220-250 juta digunakan untuk membayar utang VIVA. Sedangkan sisanya digunakan untuk pengembangan bisnis perusahaan lainnya seperti TV One, viva.co.id, dan bisnis grup lainnya.

"Mostly hampir semua untuk (utang) VIVA US$ 220-250 juta. US$ 100 itu untuk pengembangan TvOne, viva.co.id dan beberapa bisnis lain," ujar Ardi.

Direktur VIVA David E Burke mengatakan, saat ini tengah dilakukan persiapan untuk penerbitan obligasi yang ditargetkan berlangsung pada kuartal I tahun ini.

"Dalam proses, persiapan kerja sama legal-legal semua, rating agency belum keluar," tutur David.

MDIA merupakan anak usaha VIVA yang menjalankan bisnis stasiun televisi free to air ANTV. Sementara VIVA merupakan induk dari kelompok usaha yang lainnya seperti tvOne, Viva+, SportOne dan portal berita Viva.co.id. (ara/ang)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
CNN ID
×
World Now
World Now Selengkapnya