Follow detikFinance
Sabtu, 10 Mar 2018 18:15 WIB

Beli Saham Syariah di Pasar Modal, Bebas dari Riba Nggak Ya?

Puti Aini Yasmin - detikFinance
Foto: Ari Saputra Foto: Ari Saputra
Jakarta - Ada berbagai macam alasan seseorang memilih berinvestasi di pasar modal dengan membeli saham syariah, misalnya untuk menghindari riba. Lantas, apakah benar investasi tersebut bebas dari riba?

Staf Hubungan Kelembagaan dan Informasi Pasar Modal Syariah Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Nadhifa Alim Hapsari memastikan bahwa investasi di pasar modal syariah bebas dari riba. Hal tersebut berdasarkan fatwa yang dikeluarkan oleh Dewan Syariah Nasional-Majelis Ulama Indonesia (DSN-MUI).

"Jelas nggak ada ribanya karena memang sudah ada fatwa Dewan Syariah Nasional nomor 80 tahun 2011," jelasnya usai acara Mengenal Pasar Modal Syariah di D'Nox Cafe and Resto, Jakarta, Sabtu (10/3/2018).


Selain itu, ia kembali meyakinkan investasi di pasar modal syariah bebas dari riba berdasarkan perolehan keuntungan. Di mana perolehan keuntungan dilakukan dalam prinsip syariah.

"Kalau dalam prinsip syariah (pembagian keuntungan) juga tidak melanggar karena dia kan prinsipnya seperti syirkah atau kerjasama," sambungnya.


Lebih lanjut, ia mengatakan perbedaan antara pasar modal syariah dan konvensional hanya dalam segi produk. Di mana produk tersebut termasuk atau tidak termasuk dalam prinsip syariah.

"Pasar modal yang bedain dari sisi produk. Kalau syariah atau nggak lihat dari screening lalu lihat dari portofolio. Kalau dari OJK kebijakanya kalau mau syariah namanya harus ditambah syariah di namanya untuk dibedakan," tutupnya. (ara/ara)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed