Follow detikFinance
Rabu, 04 Apr 2018 17:39 WIB

Reliance Tak Punya Uang untuk Beli WOM Finance?

Danang Sugianto - detikFinance
Foto: Maikel Jefriando Foto: Maikel Jefriando
Jakarta - PT Reliance Capital Management (RCM) menampik tudingan bahwa perusahaan tidak memiliki dana untuk membeli 68,55% kepemilikan saham PT Bank Maybank Indonesia Tbk di PT Wahana Ottomitra Multiartha Tbk (WOM Finance).

Founder RCM, Anton Budidjaja menjelaskan bahwa saat penandatanganan perjanjian pembelian saham bersyarat (Conditional Shares Purchase Agreement/CSPA) pada 11Januari 2017, pihaknya telah memiliki persetujuan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Persetujuan itu juga melalui proses fit and proper test.

"Kalau duitnya ada atau enggak, gini salah satu syarat beli saham itu kita harus dapat persetujuan fit and proper dari OJK sebagai calon pemegang saham pengendali. Kita sudah dapat itu dan kami sudah berikan ke mereka. Kita sudah dapat persetujuan sebagai calon pengendali WOM Finance dari situ saja sudah cukup (menjelaskan)," tuturnya di Menara Batavia, Jakarta, Rabu (4/4/2017).


Secara tidak tersirat, Anton justru menuding pihak Maybank yang enggan melepas WOM Finance. Sebab kinerja WOM Finance justru semakin baik setelah CSPA dibuat.

"Saat perjanjian ini dibuat berdasarkan laporan keuangan 2016 WOM Finance mencatatkan laba bersih Rp 60 miliar, tapi akhir 2017 naik mencapai Rp181 miliar. Ini apakah kita yang tidak punya duit atau mereka yang enggak mau jual? banyak motif lainnya," tegasnya.


Sebelumnya pada 11 Januari 2017 kemarin, PT Bank Maybank Indonesia Tbk meneken perjanjian pembelian saham bersyarat (Conditional Shares Purchase Agreement/CSPA) dengan PT Reliance Capital Management (RCM), untuk rencana penjualan dan pengalihan 68,55% saham PT Wahana Ottomitra Multiartha Tbk (WOM Finance) dengan nilai Rp 673 miliar.

Namun pada 3 Mei 2017 pihak Maybank mengumumkan bahwa perjanjian jual beli saham itu batal lantaran Reliance tidak kunjung memenuhi persyaratannya, salah satunya menunjukan kesiapan dana. (dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed