Follow detikFinance
Selasa, 17 Apr 2018 16:43 WIB

Ini Sebabnya Laba Produsen Bir Bintang Naik 35%

Danang Sugianto - detikFinance
Ilustrasi bir Foto: Thinkstock Ilustrasi bir Foto: Thinkstock
Jakarta - Larangan penjualan minuman beralkohol sepertinya tidak begitu memberikan pengaruh besar terhadap PT Multi Bintang Indonesia Tbk (MLBI). Produsen Bir Bintang dan Heineken ini masih mampu mencatatkan kenaikan laba bersih yang cukup signifikan.

Sepanjang 2017 tercatat MLBI mampu mengantongi laba bersih sebesar Rp 1,322 triliun. Angka itu naik 35% dibandingkan laba bersih di 2016 sebesar Rp 982 miliar.


Direktur Keuangan MLBI Erik Mul mengakui, sebenarnya tahun lalu perusahaan merasakan tekanan dari pelemahan daya beli. Namun perusahaan tertolong dengan menguatnya sektor pariwisata dengan bertambahnya jumlah turis asing yang datang ke Indonesia.

"Turis juga naik 20% tahun lalu. Itu market yang sangat penting bagi kami untuk saat ini," tuturnya di Hotel Dharmawangsa, Jakarta Selatan, Selasa (17/4/2018).


Sebenarnya pendapatan perseroan hanya tumbuh 4% dari Rp 3,26 triliun di 2016 menjadi Rp 3,39 triliun di 2017. Erik mengatakan salah satunya lantaran efisiensi yang dilakukan perusahaan.

"2017 cost kita stabil. Itu dibantu harga bahan-bahan raw material yang stabil dan pergerakan rupiah jadi menolong profitability lost," imbuhnya. (ara/ara)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed