Follow detikFinance
Rabu, 09 Mei 2018 13:31 WIB

Sandi Targetkan Setiap Tahun Satu BUMD DKI Go Public

Mochamad Zhacky - detikFinance
Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno/Foto: Indra Komara/detikcom Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno/Foto: Indra Komara/detikcom
Jakarta - Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno menghadiri acara diskusi tentang rencana pelepasan saham BUMD DKI ke publik di Gedung World Trade Center Jakarta. Sandiaga menargetkan setiap tahun ada satu BUMD DKI yang melepas sahamnya ke publik.

Sandiaga tiba di Gedung WTC, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, Rabu (9/5/2018), sekitar 10.30 WIB. Acara diskusi berlangsung tertutup sekitar satu jam 30 menit. Sandiaga nampak mengenakan baju batik.

Hadir mendampingi Sandiaga, Kepala Badan Pengelola Keuangan Daerah (BPKD) Michael Rolandi. Direktur Utama Bank DKI Kresno Sediarsi dan Wakil Ketua DPRD DKI Triwisaksana juga hadir.


"Kita launching dengan tagline SIP, yaitu Satu IPO Setiap Tahun untuk BUMD DKI. Insya Allah kita bertugas lima tahun, berarti kita targetkan lima BUMD setiap tahun yang akan melenggang ke bursa saham," kata Sandiaga seusai diskusi.

Pria yang akrab disapa Sandi itu belum bisa mengungkapkan BUMD mana saja yang akan melepas sahamnya. Kata dia, mengenai hal tersebut harus dikoordinasikan lebih dulu dengan Bursa Efek Indonesia (BEI) dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

"Tergetnya belum bisa kita rilis karena ini dilindungi oleh undang-undang kerahasiaan di pasar modal. Kita tidak bisa menyampaikan sebelum berkoordinasi dengan BEI dan OJK. Tapi semua BUMD tadi hadir. Dari perwakilan DPRD juga hadir. Kerena begitu kami berproses harus mendapat persetujuan dari DPRD," terang Sandiaga.


Sandiaga menuturkan rencana pelepasan saham ini merupakan upaya dalam mereformasi BUMD. Wagub usungan Partai Gerindra dan PKS itu berharap BUMD DKI tidak lagi tergantung terhadap penyertaan modal dari pemda.

"Kita berharap ini menjadi tonggak sejarah kita untuk mereformasi BUMD agar ke depan membuka lapangan kerja, meningkatkan governance, mendiseraifikasi pendanaannya di luar penyertaan modal dari daerah," ujar Sandiaga. (zak/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed