Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 21 Mei 2018 15:17 WIB

Beli Kue Lebaran Sekarang Bisa Pre Order Lho

Selfie Miftaul Jannah - detikFinance
Foto: Selfie Miftahul Jannah/detikFinance Foto: Selfie Miftahul Jannah/detikFinance
Jakarta - Meski Lebaran masih sebulan lagi, banyak orang yang mulai mempersiapkan berbagai kebutuhan kumpul keluarga. Salah satunya yaitu kue kering khas lebaran.

Salah satu pedagang kue kering di kawasan Kwitang Jakarata Pusat Yuli mengatakan, saat ini ia menerapkan sistem pre order dan juga beli di tempat. Selain lebih efisien, cara ini juga lebih efektif untuk mendapatkan pembeli tetap.

"Sekarang bisa (pre order), nanti dikirimnya sesuai keinginan dia (pelanggan) saja," kata dia kepada detikFinance, Senin (21/5/2018).


Sebagai informasi sebelum adanya sistem pre order banyak pelanggan yang secara dadakan membeli kue Lebaran di H-7 karena takut kue yang dipesan dari jauh jauh hari rasanya akan berubah atau basi. Akibatnya, beberapa toko kue kewalahan dengan banyaknya permintaan atau bahkan bisa saja rugi karena setelah menstok banyak kue namun para pelanggan tidak terlalu banyak.

Dari hal tersebut Yuli juga paham maka dari itu ia selalu memastikan ke konsumennya mengenai rasa dan kualitas bahan kue kering buatannya.

"Kalau kita jual yang nggak enak nanti pelanggan pada kabur, jangan berani jual kue yang nggak enak," kata dia.

Saat ini pemesanan untuk pre order kata Yuli udah banyak, meski dia tidak menjelaskan secara spesifik berapa orang yang sudah memesan kuenya namun dia mengatakan pesanannya pre ordernya sudah dalam hitungan lusinan.

"Seorangnya ada yang lusinan, beberapa malah sudah diambil, ada yang untuk konsumsi ada juga yang untuk dibungkus buat parsel," jelas dia.


Untuk harga per toplesnya ada yang Yuli jual dari harga Rp 35.000- 120.000. Yuli juga menjual harga per kilo untuk beberapa kue unggulan.

Untuk harga per kg-nya Yuli menjelaskan berbagai kue yang ia jual dari harga Rp 40.000 sampai Rp 90.000. Untuk jenis kue lidah kucing dan semprit dijual dengan harga Rp 40.000/kg.

Kemudian untuk jenis kue kering seperti kastengel, coklat, kacang dan nastar dijual dengan harga Rp 90.000/ kilo.

"Ini kan satu kalengnya beratnya 8 kilo, jadi tinggal sesuai pemesan aja mau beli berapa banyak, karena disini kue yang dijual per kilo juga ada," kata dia.

Dengan asumsi pembelian jenis nastar kastangel dan coklat untuk produk unggulan satu kalengnya dijual dengan harga Rp 720.000. Dengan harga Rp 700.000 pelanggan sudah bisa mendapatkan kue jadi dengan total berat 8 kilo yang siap dimakan saat Lebaran. (dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com