Follow detikFinance
Senin, 28 Mei 2018 09:20 WIB

Melantai di Bursa, Saham Anak Usaha Pertamina Ini Dibuka Anjlok

Danang Sugianto - detikFinance
IPO Asuransi Tugu Pratama. Foto: Danang Sugianto-detikFinance IPO Asuransi Tugu Pratama. Foto: Danang Sugianto-detikFinance
Jakarta - Jumlah emiten yang tercatat di pasar modal kembali bertambah. Kali ini giliran PT Asuransi Tugu Pratama Indonesia Tbk yang mencatatkan sahamnya di pasar modal.

Saat dicatatkan pertama kali, saham berkode TUGU ini justru turun 50 poin atau 1,3 % ke posisi Rp 3.800 dari harga penawaran di level Rp 3.850.

Di level itu, saham TUGU ditransaksikan sebanyak 37 kali dari 1.230 lembar dengan nilai transaksi mencapai Rp 472 juta. Beberapa detik kemudian saham TUGU kembali turun 150 poin atau 3,9% ke posisi Rp 3.700 per saham.

Anak usaha dari PT Pertamina (Persero) ini melepas sebanyak 177,78 juta lembar saham atau setara 10% dari modal yang disetor penuh oleh perusahaan. Jika dihitung dari harga penawaran maka TUGU memperoleh dana segar dari hasil IPO sekitar Rp 684 miliar.

"Setelah Asuransi Tugu Pratama 37 tahun hadir di industri asuransi, haru ini kami membuat lompatan baru yakni mencatatkan saham di Bursa Efek Indonesia (BEI)," kata Presiden Direktur Asuransi Tugu Pratama Indonesia Indra Baruna di Gedung BEI, Jakarta, Senin (28/5/2018).

Perusahaan berencana akan menggunakan 70% dari dana IPO untuk mengembangkan bisnis termasuk penguatan infrastruktur produk - produk ritel, dan 30% untuk melengkapi modal anak usaha yaitu PT Tugu Reasuransi Indonesia (TuguRe).

Perusahaan yang kerap disebut Tugu Insurance ini menunjuk PT Danareksa Sekuritas dan PT Mandiri Sekuritas sebagai penjamin pelaksana emisi efek.

(zlf/zlf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed