Follow detikFinance Follow Linkedin
Sabtu, 04 Agu 2018 19:08 WIB

Mitsubishi Kuasai 40% Saham Danamon

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Foto: Bank Danamon Foto: Bank Danamon
Jakarta - Mitsubishi UFJ Financial Group (MUFG) telah resmi meningkatkan kepemilikan saham di PT Bank Danamon Indonesia Tbk (Danamon). Perusahaan asal Jepang ini akhirnya menguasai 40% saham Danamon dan menjadi pemegang saham pengendali.

Dari keterangan tertulis, MUFG mengakuisisi saham (secara langsung atau tidak langsung) saham tambahan milik Asia Financial Indonesia Pte, Ltd (AFI).

Jumlah saham 20,1% di Danamon didapatkan dari harga saham yang dibanderol sebesar Rp 8.921 per lembar saham atau sekitar US$ 0,62 atau setara dengan Rp 17,18 triliun. Harga ini sesuai dengan harga buku perseroan kuartal II 2018 2.0x dengan penyesuaian yang diterapkan.

Setelah tahap ini selesai, AFI yang merupakan sepenuhnya dimiliki oleh Fullerton Financial Holdings Pte. Ltd., (FFH) akan tetap menjadi pemegang saham pengendali di Danamon dengan kepemilikan saham 33,8%.


Regional Executive for Asia, Takayoshi Futae menjelaskan penyelesaian kepemilikan saham tahap 2 ini merupakan momentum yang baik antara MUFG dan Danamon. Dia menyebut pihaknya telah melakukan diskusi secara mendalam dan produktif dengan Danamon sejak mereka bergabung sebagai mitra usaha pada Desember.

"Kami yakin akan muncul berbagai kolaborasi bisnis yang bisa kami kerjakan bersama. Penyelesaian ini adalah komitmen MUFG untuk berkontribusi pada ekonomi Indonesia," ujar Takayoshi dalam keterangan tertulis, dikutip Sabtu (4/8/2018).

Dia menambahkan MUFG Bank akan merayakan hari lahir yang ke 50 di Indonesia tahun ini. Menurut dia proses akuisisi ini juga bertujuan untuk menyatukan jaringan global dan memudahkan nasabah atau klien perseroan.


"Kami menantikan kolaborasi MUFG Bank dan Danamon untuk memberi solusi bisnis yang terintegrasi untuk nasabah di negara ini," tambah dia.

Akhir Juli lalu, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) telah merestui MUFG untuk meningkatkan kepemilikan saham di Danamon. Sebelumnya MUFG memiliki 19,9% saham di Danamon. MUFG Bank adalah salah satu grup penyedia jasa keuangan dunia yang berpusat di Tokyo dengan sejarah kurang lebih 350 tahun. MUFG Bank memiliki jaringan global dengan lebih dari 1.800 kantor di lebih dari 50 negara.


Saksikan juga video 'Wow! Uang Pelepasan Saham Anker Bir Bisa Bangun 60 Sekolah':

[Gambas:Video 20detik]

(KIL/ang)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed