Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 10 Agu 2018 11:14 WIB

Jokowi-Ma'ruf Amin dan Prabowo-Sandi Jadi Sentimen Positif ke Pasar

Hendra Kusuma - detikFinance
Foto: Rengga Sancaya Foto: Rengga Sancaya
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah mendeklarasikan Ketua Umum MUI KH Ma'ruf Amin sebagai cawapres pendampingnya di Pilpres 2019 mendatang. Begitu juga dengan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto yang mendeklarasikan Sandiaga Uno menjadi pendampingnya.

Kedua pasangan calon pemimpin Indonesia menjadi sentimen bagi perekonomian nasional. Para investor menunggu prospek ekonomi selama lima tahun ke depan.

"Menurut saya pengumuman capres dan cawapres akan mempengaruhi sentimen pasar terkait dengan prospek perekonomian Indonesia dalam 5 tahun ke depan," kata Ekonom Bank Permata Josua Pardede saat dihubungi detikFinance, Jakarta, Jumat (10/8/2018).

Josua menilai pelaku usaha pada dasarnya mengharapkan pemilu dapat berjalan dengan aman, damai yang positif bagi perekonomian nasional.

"Stabilitas dan kesinambungan ekonomi dapat dipertahankan sehingga akan tetap mendukung baiknya iklim investasi," tambah dia.


Dia menilai, Presiden Jokowi yang menggandeng Ma'ruf Amin pun diharapkan akan mendukung solidnya Koalisi Indonesia Kerja (KIK). Sehingga dapat meningkatkan peluang Jokowi untuk melanjutkan masa jabatannya menjadi dua periode.

Selain itu, dengan dipilihnya Ma'ruf Amin sebagai cawapres juga diharapkan isu politik identitas dapat diredam, sehingga tetap menjaga stabilitas politik jelang pemilu tahun 2019.

"Hal tersebut mengindikasikan bahwa kebijakan perekonomian diperkirakan cenderung tidak mengalami perubahan yang signifikan," tutup dia.

(hek/ang)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed