Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 06 Sep 2018 11:21 WIB

BEI Gandeng Bekraf Ajak Startup Masuk Pasar Modal

Danang Sugianto - detikFinance
Foto: Danang Sugianto Foto: Danang Sugianto
Jakarta - Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) dan PT Bursa Efek Indonesia (BEI) hari ini meluncurkan platform Go Startup Indonesia (GSI). Platform ini untuk mengakomodir pengembangan bisnis para pelaku perusahaan rintisan atau start up.

Platform GSI ini merupakan tindak lanjut dari Nota Kesepahaman antara Bekraf dan BEI pada bulan April 2018 lalu tentang program IDX Incubator. Upaya ini sebagai bentuk dan pengembangan perusahaan rintisan (startup) ekonomi kreatif untuk mendorong akses permodalan bagi perusahaan rintisan melalui Go Public.

Kepala Bekraf Triawan Munaf mengatakan, pada tahap awal, pendiri dari perusahaan rintisan lebih fokus pada aspek teknis dibandingkan dengan aspek manajerial, administrasi dan keuangan. Oleh karena itu, platform GSI akan mendorong literasi keuangan untuk startup.

"Dengan semangat dan tujuan yang sama untuk mendukung tumbuh kembang industri startup di Indonesia, Bekraf bersama BEI telah menandatangani nota kesepahaman pada April 2018. Dalam mengimplementasikan nota kesepahaman tersebut, platform Bekraf meluncurkan GSI yang merupakan semangat dan gerakan bersama untuk mempercepat pertumbuhan ekosistem yang kondusif bagi startup di Indonesia," ujarnya di Gedung BEI, Jakarta, Kamis (6/8/2018).



Platform GSI ini nantinya juga memiliki program Creative Exchange for Startup (CreaX) yang akan memberikan berbagai alternatif tujuan untuk startup yang lebih realistis dapat direplikasikan, sebagai salah satu cara akses permodalan bagi perusahaan rintisan melalui Go Publik.

Melalui program Creax, Bekraf bersama BEI akan mendorong perusahaan rintisan untuk melantai di pasar modal. Salah satu caranya juga dengan mencari talent baru untuk diperbesar melalui mentoring dan kompetisi pitching di beberapa kota seperti Medan, Surabaya, Denpasar, Yogyakarta, Makassar, Bandung dan Jakarya

Nantinya pemenangan kompetisi pitching berkesempatan untuk mengikuti program inkubator dan mentoring pada Supercamp untuk menyempurnakan para finalis dari masing-masing kota akan menghadapi kompetisi final pada Indonesian Capital Day di Surabaya.

Pemenangnya nanti akan berkesempatan mengikuti program inkubator lebih lanjut dan terhubung dengan komunitas startup serta investor global.

GSI sedang mengembangkan situs web gostartupindonesia yang merupakan one stop services untuk startup yang akan memfasilitasi kebutuhan startup dari hulu ke hilir. Melalui website ini, para startup berkesempatan terhubung pada ekosistem startup Indonesia.

Selain update berita, acara, pelatihan, dan kesempatan kerja untuk startup, ada juga forum diskusi yang bisa diakses oleh startup, komunitas, mentor, dan investor.

Selain itu, platform GSI juga fokus untuk mendorong jumlah investor lokal untuk berinvestasi pada startup lokal yang memiliki prospek yang baik.

(das/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed