Dolar AS Pagi Ini Stabil di Rp 14.880

Eduardo Simorangkir - detikFinance
Jumat, 07 Sep 2018 09:36 WIB
Foto: Pradita Utama
Jakarta - Nilai tukar dolar Amerika Serikat (AS) terhadap rupiah pagi ini berada di level Rp 14.880. Angka tersebut tercatat stabil sepanjang hari ini.

Demikian dikutip dari data perdagangan Reuters, Jumat (7/9/2018). Grafik pergerakan rupiah pagi ini terpantau cukup stabil jika dibandingkan dengan Kamis (6/9) kemarin yang sangat fluktuatif.

Adapun dolar AS tercatat bergerak dari level Rp 14.724 hingga posisi peak di angka Rp 14.999 sepanjang pekan ini. Meski menunjukkan tanda 'menjinak', dolar AS diperkirakan masih akan terus bergerak agresif seiring makin dekatnya kebijakan kenaikan suku bunga acuan the Fed.

Faktor lainnya yang membuat rupiah melemah di antaranya sentimen perang dagang AS dan China, hingga perang suku bunga imbas dari krisis di Turki dan Argentina. Sementara dari dalam negeri, defisit transaksi berjalan (current account deficit/CAD) menjadi pekerjaan rumah pemerintah untuk menjaga penguatan dolar tak berdampak ke masyarakat.



Pada 2017 defisit transaksi berjalan sebesar US$ 17,53 miliar atau 1,73% dari PDB. Sementara pada semester I-2018 defisit transaksi berjalan juga sudah mencapai US$ 13,7 miliar, hingga akhir tahun diperkirakan mencapai US$ 25 miliar.

Direktur for Investment Strategy PT Bahana TCW Investment Management, Budi Hikmat mengatakan dolar AS bisa mencapai Rp 14.500, jika defisit transaksi berjalan itu turun 40% dari tahun lalu.

"Menurut modal kita kalau misalnya pemerintah bisa ngerem CAD 40% itu mungkin bisa balik lagi ke Rp 14.500. Penguatan dolar AS tidak bisa kita lawan, itu eksternal. Tapi masalah kita itu current account deficit (CAD) itu kombinasinya di ekspor dan bagaimana menekan impor," katanya.

Dolar AS Meroket, Jokowi-Prabowo Juga Dirugikan, Simak Videonya:

[Gambas:Video 20detik]

(eds/eds)