Follow detikFinance
Senin, 08 Okt 2018 12:35 WIB

Perusahaan Tambang Bakrie Janji Tukar Dolar Setara Rp 60 T

Danang Sugianto - detikFinance
Foto: Fuad Hashim/Tim Infografis Foto: Fuad Hashim/Tim Infografis
Jakarta - PT Bumi Resources Tbk (BUMI) akan mengkonversikan 80% pendapatannya tahun ini ke rupiah. Perusahaan yang ada di bawah Grup Bakrie ini ingin berkontribusi dalam meredam gejolak nilai tukar.

BUMI, yang merupakan produsen dan eksportir batubara ini menargetkan pendapatan dari ekspor maupun domestik (DMO) tahun ini lebih dari US$ 5 miliar atau setara Rp 76 triliun jika dikalikan dengan kurs saat ini Rp 15.200.

Perusahaan berjanji sekitar 80% dari pendapatan itu akan dikonversikan menjadi rupiah. Jika dihitung, maka uang yang akan dikonversi mencapai Rp 60,8 triliun. Sementara sisanya akan digunakan untuk belanja modal dan keperluan lainnya.



"Bumi adalah perusahaan yang bertanggung jawab mendukung kebijakan pemerintah dan sepenuhnya mendukung prioritas nasional dalam melindungi rupiah dan negara," kata Presiden Direktur BUMI Saptari Hoedaja dalam keterangan tertulisnya, Senin (8/10/2018).

Perusahaan menyampaikan bahwa telah memenuhi kewajiban DMO sebesar 25%. Perusahaan juga merasa sebagai penyumbang utama bagi kas negara dari sisi devisa, pembayar pajak dan royalti terbesar yang diakui oleh Kementerian Keuangan.

(das/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed