Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 08 Okt 2018 17:21 WIB

Sri Mulyani Buka Suara soal Dolar AS Nyaris Rp 15.300

Hendra Kusuma - detikFinance
Foto: Ari Saputra Foto: Ari Saputra
Jakarta - Nilai tukar dolar Amerika Serikat (AS) terhadap rupiah pada sore ini kian menunjukkan penguatan. Per pukul 15.10 WIB. Kurs dolar AS berada di Rp 15.299 di perdagangan pasar spot.

Demikian dikutip dari data perdagangan Reuters, Senin (8/10/2018). Dolar AS pada hari ini bergerak dari level Rp 15.185 hingga 15.299.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan nilai dolar AS ini akan terus bergerak ke satu titik ekuilibrium baru seiring langkah The Fed yang akan menaikkan suku bunganya beberapa kali di tahun depan.


"Nomalnya ekuilibrium belum tercapai karena yang dikatakan Powel (gubernur The FED) akan berlangsung sampai tahun depan," kata Sri Mulyani di Melia Hotel Nusa Dua, Bali, Senin (8/10/2018).

Nilai dolar AS yang hampir menyentuh Rp 15.300 ini juga dipicu data perekonomian negeri Paman Sam sendiri yang terus membaik dan perkembangannya sangat cepat, khususnya kenaikan imbal balik (yield) pada obligasi 10 tahun yang bunga sudah 3,4%.



"Kan hari ini kalau kita lihat data di AS yang dipicu oleh yield 10 tahun bond AS yang meningkat luar biasa tajam sudah di atas 3,4%, ini unpresedented selama ini, jadi kita melihat dinamika ekonomi AS itu masih sangat mendominasi dan pergerakannya cepat sekali," ungkap dia. (hek/zlf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed