Follow detikFinance
Jumat, 19 Okt 2018 14:10 WIB

Dolar AS Masih di Rp 15.200, BI: Sesuai Mekanisme Pasar

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Foto: Rachman Haryanto Foto: Rachman Haryanto
Jakarta - Nilai dolar AS hari ini berdasarkan data Reuters tercatat Rp 15.210. Dari data Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) nilai dolar AS tercatat Rp 15.221.

Gubernur BI Perry Warjiyo menyebut kondisi nilai tukar rupiah terhadap dolar AS tetap stabil. Hal ini tercermin dari supply and demand di pasar valas yang masih berjalan baik.

Perry menjelaskan hal ini menunjukkan kepercayaan investor asing di pasar valas Indonesia masih dalam keadaan baik.

"Perkembangan global dari ke hari, ada berita baru ya wajar kalau ada respons dengan pergerakan nilai tukar rupiah. Tapi saat ini rupiah masih stabil sesuai dengan mekanisme pasar," kata Perry di Gedung BI, Jakarta (19/10/2018).


Dia menambahkan implementasi instrumen domestic non deriverable forward (DNDF) yang saat ini progressnya lebih baik dari yang diperkirakan. Jika sudah terlaksana maka bisa membantu rupiah untuk melawan dolar AS.

Belum lama ini BI memang menerbitkan peraturan Bank Indonesia terkait DNDF, memang pelaksanaannya masih perlu penyesuaian. Misalnya sistem informasi di bank, standarisasi kontrak, kesiapan bagian treasury hingga manajemen risiko.

"Berbagai hal terus dilakukan misalnya koordinasi antara BI dan industri baik perbankan atau pelaku terkait agar progres implementasi bisa lebih cepat," imbuh Perry.

(kil/ang)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed