ADVERTISEMENT

Pemilik SCTV Siapkan Rp 3 T untuk Beli Kembali Sahamnya

Danang Sugianto - detikFinance
Selasa, 30 Okt 2018 12:00 WIB
Foto: Grandyos Zafna
Jakarta - PT Surya Citra Media Tbk (SCMA) berniat untuk melakukan pembelian kembali (buyback) sahamnya. Perseroan telah menyiapkan dana sekitar Rp 3 triliun untuk melakukan aksi korporasi itu.

Melansir keterbukaan informasi, Selasa (30/10/2018), perusahaan media pemilik stasiun tv SCTV dan Indosiar ini akan membeli kembali sebanyak-banyaknya 10% dari modal yang disetor perseroan atau maksimum sebanyak 1.462.160.123 lembar saham.

Sehubungan dengan rencana itu, perusahaan akan menggelar Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) pada 5 Desember 2018. Pelaksanaan buyback saham akan dilakukan paling lama 18 bulan terhitung sejak persetujuan RUPSLB dilaksanakan.


Adapun sumber dana dari aksi korporasi ini diambil dari saldo laba yang ditahan perseroan. Pada akhir 2017 jumlah modal atau ekuitas perseroan sekitar Rp 4,4 triliun, setelah buyback diperkirakan ekuitas perseroan menjadi Rp 1,4 triliun.

Tujuan dari buyback saham ini tentunya untuk meningkatkan nilai saham dengan mengembalikan kelebihan arus kas kepada para pemegang sahamnya. Hingga penutupan perdagangan kemarin saham SCMA berada di level Rp 1.640 per saham. (das/dna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT