Follow detikFinance
Senin, 05 Nov 2018 11:56 WIB

Tarif Cukai Rokok Batal Naik, Saham Gudang Garam Cs Menguat

Danang Sugianto - detikFinance
Foto: Ari Saputra Foto: Ari Saputra
Jakarta - Pemerintah batal merealisasikan rencana kenaikan cukai rokok di tahun depan. Saham-saham perusahaan rokok di pasar modal kompak menguat.

Melansir data RTI, Senin (5/11/2018), saham PT Gudang Garam Tbk (GGRM) hingga pukul 11.28 waktu JATS sudah menguat 3,05% dari penutupan tahun lalu ke level Rp 79.425. Saham GGRM sempat menyentuh level tertinggi di posisi Rp 79.725.

Lalu saham PT HM Sampoerna Tbk (HMSP) tercatat sudah naik 1,05% dari level penutupan kemarin Rp 3.800 ke posisi Rp 3.840. Saham HMSP sempat menyentuh level Rp 3.850.



Sebelumnya Menteri Keuangan Sri Mulyani dalam sidang kabinet beberapa hari yang lalu menegaskan bahwa tak akan ada perubahan kebijakan mengenai tarif cukai hasil tembakau pada tahun ini.

"Mendengar seluruh evaluasi dan masukan dari sidang kabinet, maka kami memutuskan bahwa untuk cukai tahun 2019, tidak akan ada perubahan atau kenaikan cukai. Kita akan menggunakan tingkat cukai yang ada sampai dengan 2018 ini," katanya di Istana, Jakarta, Jumat (2/11/2018).

Lanjut dia, pihaknya juga menyampaikan bahwa skenario atau keputusan untuk penggabungan beberapa kelompok hasil tembakau penarikan cukai juga ditunda.

"Dalam hal ini kita akan tetap akan mengikuti struktur dari kebijakan cukai tahun 2018, baik dari sisi harga jual, eceran, maupun dari sisi pengelompokannya," ungkapnya.






Tonton juga 'Ternyata, Penerimaan Pajak Terbesar Bukan dari Cukai Rokok':

[Gambas:Video 20detik]

(das/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed