Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 07 Nov 2018 15:14 WIB

Demi Dolar AS yang Lagi Murah, Wanita Ini Harus Antre Berjam-jam

Selfie Miftahul Jannah - detikFinance
Foto: Selfie Miftahul Jannah/detikFinance Foto: Selfie Miftahul Jannah/detikFinance
Jakarta - Rupiah makin perkasa terhadap dolar AS. Hingga pagi tadi dolar AS terus melemah dan berada di angka Rp 14.779.

Dari pelemahan dolar AS yang terjadi saat ini, masyarakat mulai memanfaatkannya sebagai ladang investasi.

Hingga pukul 12.00 WIB saja, money changer ini sudah memiliki antrean ribuan orang. Bahkan, 600 orang di antaranya merupakan penukar yang sudah memesan mata uang asing di hari sebelumnya dan baru mendapatkan uangnya pada hari ini.


Seperti Maria yang sejak pukul 11.30 WIB sudah mengambil antrean untuk menukar rupiah dengan dolar AS. Hingga pukul 13.00 Maria belum juga dipanggil.

"Saya mau beli, karena lagi murah. Tapi saya dapat antrean 400-an sekarang baru 200, banyak banget ya yang tukar hari ini," kata dia kepada detikFinance, di Money Changer Valuta Inti Prima (VIP), Rabu (7/11/2018).

Ia yang bekerja di salah satu perusahaan swasta di kawasan Menteng ini mengaku, akan menukar uang di atas US$ 1.000. Baru saja menunggu satu jam, Maria lebih pilih untuk kembali esok hari.

"Sepertinya saya akan tukar besok pagi saja, karena hari ini antreannya orangnya panjang," ujar dia.

Dari hasil pantauan detikFinance sejak pagi tadi money changer ini tampak dipadati para penukar. Beberapa orang yang tengah menunggu tampak sibuk memperhatikan fluktuasi kurs rupiah terhadap dolar AS.


Beberapa penukar seperti Maria terdengar juga mengeluh karena antrean untuk penukaran uangnya begitu panjang.

Salah satu penukar yang mengeluh diantaranya Rani, ia mengaku kerap kali menukar dolar AS saat tengah ada di posisi bawah untuk dibeli.

Namun, karena fluktuasi terjadi setiap beberapa menit maka ia fokus untuk melihat apakah ada kenaikan atau penurunan secara real time dalam smartphone-nya.

"Pernah saya mau tukar karena posisinya waktu itu 14.900- an tapi pas kebagian tukar malah jadi Rp 15.020 apa Rp 15.030 gitu. Karena antrenya lama gini," kata dia. (dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com