Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 16 Nov 2018 11:45 WIB

Saham Boeing Sudah Jatuh 8% Sejak Tragedi Lion Air

Ardan Adhi Chandra - detikFinance
Foto: (Dok. Boeing) Foto: (Dok. Boeing)
Jakarta - Saham Boeing anjlok lebih dari 8% dalam seminggu terakhir karena investor semakin khawatir terhadap dampak kecelakaan Lion Air bulan lalu. Gugatan pertama terhadap Boeing terkait dengan kecelakaan itu diajukan Kamis.

Orang tua dari satu penumpang menggugat perusahaan, mengklaim bahwa pesawat yang jatuh Boeing 737 MAX 8, memiliki desain yang tidak aman. Penerbangan Lion Air JT 610 jatuh pada 29 Oktober di perairan Karawang, Jawa Barat.

Boeing dituduh gagal mengkomunikasikan fitur keamanan baru yang belum ada di seri 737 sebelumnya. Direktur operasional Lion Air menuduh Boeing menahan informasi tentang fitur keamanan.


Justin Green, seorang pengacara untuk Kreindler & Kreindler dan Analis Penerbangan CNN, mengatakan dia yakin bahwa Boeing sangat bertanggung jawab.

"Boeing telah menyediakan pelanggannya sebelum buletin layanan, tetapi tidak cukup memberi tahu pilot tentang potensi masalah dan bagaimana cara menanggapinya," katanya dikutip dari CNN Business, Jumat (16/11/2018).

Boeing baru-baru ini mengatakan bahwa telah memberikan pembaruan kepada maskapai penerbangan tentang prosedur keselamatan yang ada pada 737 MAX 8.

"Kami yakin akan keselamatan dari 737 MAX. Keselamatan tetap menjadi prioritas utama kami dan merupakan nilai inti bagi semua orang di Boeing," kata juru bicara itu.


American Airlines (AAL) tidak mengetahui beberapa fungsi pada Boeing 737 MAX 8. Maskapai ini memiliki lebih dari selusin sistem operasi.

Tapi kerugian Boeing (BA) minggu lalu sangat membebani Dow Jones. Namun, saham perusahaan yang berbasis di Chicago naik hampir 16% di tahun ini.



Tonton juga 'Menhub: 11 Pesawat Boeing Milik Lion Air dan Garuda Tidak Ada Kendala':

[Gambas:Video 20detik]

(ara/fdl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed