Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 05 Des 2018 14:50 WIB

Prediksi Pengusaha Dolar AS Sentuh Rp 13.800 Tahun Depan

Saifan Zaking - detikFinance
Foto: Saifan Zaking/detikcom Foto: Saifan Zaking/detikcom
Jakarta - Pengusaha memprediksi nilai tukar dolar Amerika Serikat (AS) terhadap Rupiah turun ke angka Rp 13.800 tahun depan. Saat ini rupiah bergerak di level Rp 14.375.

Ketua Umum Apindo Hariyadi Sukamdani mengatakan rupiah dapat menguat terhadap dolar AS. Prediksinya, dolar AS akan turun hingga di bawah Rp 14.000.

"Soal asumsi dolar tahun depan akan turun di bawah Rp 14.000, kira-kira dikisaran Rp 13.800 lah," jelasnya di gedung Permata Kuningan, Jakarta, Rabu (5/12/2018).


Menurut Hariyadi rupiah akan menguat karena tren harga minyak yang turun. Selain itu, Indonesia akan mengurangi penggunaan Dolar untuk menekan mata uang AS tersebut.

"Karena tren harga minyak turun dan pihak Indonesia sendiri kita optimis akan bisa mengkonversi mata uang yang selama ini dolar akan dikonversi ke mata uang mitra kita China," tambahnya.

"Jadi pertama perdagangan Indonesia dengan China itu US$ 60 miliar, jadi kita yakin kalau bisa konversi 20%-30% saja, ini akan membuat efek yang positif untuk rupiah," sambung Hariyadi.


Hariyadi menambahkan dengan turunnya Rupiah juga dapat menurunkan suku bunga acuan Bank Indonesia (BI.

"Jadi kalau turun akan merespons kepada penurunan suku bunga dan BI akan respon sangat bagus," Kata Hariyadi. (hns/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
CNN ID World Now
×
World Now
World Now Selengkapnya