Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 21 Des 2018 12:25 WIB

Bos Garuda: AirAsia Minta Kerja Operasi dengan Kami

Hendra Kusuma - detikFinance
Foto: Shinta Angriyana/detikTravel Foto: Shinta Angriyana/detikTravel
Jakarta - PT AirAsia Indonesia Tbk (CMPP) berniat untuk mengikuti jejak Sriwijaya Air untuk merapat ke Garuda Indonesia Group. AirAsia Indonesia telah menawarkan diri untuk melakukan Kerja Sama Operasi (KSO) dengan Garuda Indonesia.

Direktur Utama PT Garuda Indonesia Tbk (GIAA), I Gusti Ngurah Askhara mengungkapkan hal itu. Dia mengatakan pihak AirAsia Indonesia sudah menawarkan diri untuk bergabung operasionalnya dengan Garuda Indonesia.


"Ya mereka minta KSO dengan kami, tapi saya belum bicarakan detil," ujarnya di Aceh Conection, Sarinah, Jakarta, Jumat (21/12/2018).

Meski begitu, pihak Garuda Indonesia sudah mempertimbangkan tawaran itu. Apalagi AirAsia memiliki pangsa pasar yang kuat di penerbangan internasional.

"Kita lihat, kekuatan mereka di internasional, jadi kita lihat," tambahnya.

Menurut Askhara dengan kekuatan AirAsia yang cukup besar di taraf internasional bisa dimanfaatkan untuk mendorong PT Citilink Indonesia melebarkan sayapnya.

"Kami akan lihat opportunity-nya. Karena AirAisa ini kuat di internasional, jadi kami support juga ke Citilink. Jadi kami terbuka," tutupnya.


Sebelumnya Garuda Indonesia Group melalui anak usahanya PT Citilink Indonesia, mengambilalih pengelolaan operasional Sriwijaya Air dan NAM Air. Hal ini direalisasikan dalam bentuk Kerjasama Operasi (KSO) yang dilakukan oleh PT Citilink Indonesia (Citilink) dengan PT Sriwijaya Air dan PT NAM Air.

KSO tersebut telah ditandatangani pada tanggal 9 November 2018. Nantinya, keseluruhan operasional Sriwijaya Group termasuk finansial akan berada di bawah pengelolaan dari KSO tersebut. (das/das)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed