Bos AirAsia Buka Suara Soal Isu Kerja Sama Operasional dengan Garuda

Danang Sugianto - detikFinance
Jumat, 21 Des 2018 19:40 WIB
Foto: (Wong Chi Lam/planespotter)
Jakarta - PT Garuda Indonesia Tbk (GIAA) mengungkapkan telah mendapatkan tawaran dari PT AirAsia Indonesia Tbk untuk bergabung dalam Kerja Sama Operasi (KSO). Meski baru berupa pembicaraan, namun Garuda Indonesia menyambut baik tawaran itu.

Menanggapi pernyataan itu, pihak AirAsia Indonesia pun buka suara. Maskapai asal Malaysia itu membenarkan informasi tersebut.

"AirAsia Indonesia tengah menjajaki peluang kerja sama dengan Garuda Indonesia Group dengan mempertimbangkan keunggulan masing-masing maskapai," kata Direktur Utama AirAsia Indonesia Dendy Kurniawan dalam pernyataan tertulis, Jumat (21/12/2018).


Dendy juga sepakat dengan pihak Garuda Indonesia, bahwa AirAsia memang cukup unggul dalam penerbangan internasional. Menurutnya akan menjadi kolaborasi yang baik dengan Garuda Indonesia yang cukup menguasai pangsa pasar domestik

"AirAsia Indonesia merupakan bagian dari AirAsia Group, grup maskapai penyumbang jumlah penumpang internasional terbesar di Indonesia. Sementara Garuda Indonesia Group adalah salah satu yang terdepan untuk segmen pasar domestik," tambahnya.


Dendy menambahkan, pembicaraan dengan Garuda Indonesia masih dalam tahap awal. Belum ada keputusan yang diambil dari kedua belah pihak.

"Namun demikian, kami terbuka dengan berbagai bentuk kerja sama yang dapat mendukung perkembangan industri ini," ucapnya. (das/ang)