Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 10 Jan 2019 13:29 WIB

Pasangan Terkaya Dunia Cerai, Saham Amazon Jadi 'Korban'

Zulfi Suhendra - detikFinance
Foto: dok. Getty Images Foto: dok. Getty Images
Jakarta - Pasangan terkaya dunia, Jeff Bezos dan istrinya MacKenzie bercerai setelah 25 tahun hidup bersama. Perceraian ini diyakini bisa berpengaruh terhadap investor para pemegang saham Amazon. Amazon didirikan Bezos, dan kini dia menjadi CEO.

Dikutip dari CNBC, Kamis (10/1/2019), perceraian ini dinilai akan berpengaruh terhadap kontrol Bezos terhadap Amazon. Pengamat tak pernah berpikir situasi seperti ini akan terjadi, di mana seorang pendiri perusahaan yang telah bersama-sama dengan pasangannya sejak perusahaan berdiri, akhirnya berpisah.

Satu-satunya yang muncul dalam pikiran mereka adalah Rupert Murdoch, yang sudah bersama-sama istri keduanya Anna selama lebih dari 30 tahun, sebelum akhirnya berpisah 1999.

Mungkin akan sulit bagi Bezos untuk membagi kekayaannya setelah bercerai tanpa mempengaruhi saham kepemilikan dia di saham Amazon, kata Jordan Neyland, asisten profeso hukum di George Mason University. Jordan sudah menulis topik soal perceraian CEO.


"Banyak perceraian CEO sebelumnya adalah lebih banyak karier profesional yang telah membangun kekayaan lain sebelum menjadi CEO," kata Neyland.

"Jadi saya pikir itulah yang membuat yang ini sedikit berbeda, menjadi seorang pendiri yang bercerai ketika berada di kantor," tambahnya.

Biasanya, seorang CEO menghindari pembagian saham setelah bercerai dengan cara meninggalkan aset lain untuk pasangannya, seperti rumah dan properti lain.

"Tapi untuk kasus ini, semua kekayaan akan terikat di Amazon. Di kasus ini, saya membayangkan pasangannya akan punya beberapa saham di Amazon. Jadi ini akan mengubah kepemilikan di Amazon," kata Neyland.

Ini juga berarti, Amazon harus mencari struktur baru untuk meyakinkan bahwa Jeff Bezos masih memiliki 'suara'(voting) di Amazon lewat sahamnya, seperti dengan cara membentuk kelas-kelas ssaham berebda dnegan jumlah kekuatan voting yang bervariasi.

Profesor di Sekolah Pascasarjana Bisnis Stanford, David Larcker menilis sebuah makalah penelitian 2013 yang menguraikan cara-cara di mana perceraian CEO dapat berdampak pada pemegang saham. Menurutnya, Bezos tidak akan begitu keberatan dnegan membagi kekayaan terhadap pasangannya. Lain soal bila Bezos bukan orang paling tajir sejagat.


"Jika ada orang, katakanlah bernilai sepuluh juta dolar, dan mereka memberi setengah kepada pasangan mereka baik laki-laki atau perempuan, maka kekayaan mereka turun menjadi lima juta. Dalam pengaturan semacam itu, jika Anda yakin Anda menjadi lebih enggan mengambil risiko. jika Anda memiliki lebih sedikit uang, itu bisa berarti pengambilan keputusan yang lebih berisiko," katanya.


Pasangan Terkaya Dunia Cerai, Saham Amazon Jadi 'Korban'
(zlf/ang)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed