Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 23 Jan 2019 11:25 WIB

Bank Mulai Merger, Agar Selamat dari Fintech?

Danang Sugianto - detikFinance
Foto: Nadia Permatasari/Infografis Foto: Nadia Permatasari/Infografis
Jakarta - Bank-bank di Indonesia mulai melakukan penggabungan usaha (merger), yang paling baru adalah merger antara PT Bank Danamon Indonesia Tbk dengan PT Bank Nusantara Parahyangan Tbk (BNP). Merger memang menjadi salah satu arahan dari para regulator ke industri perbankan.

Pengamat Perbankan Paul Sutaryono mengatakan, regulator seperti OJK memang sudah menyuarakan agar perbankan, khususnya bank kecil melakukan merger. Selain bertujuan agar mempermudah pengawasan, juga untuk menyelamatkan bisnisnya.

"Bank-bank kecil itu kan banyak sekali sejak 1988 hingga sekarang. Tapi sekarang yang merger malah bank besar. Saran itu belum diperhatikan," tuturnya saat dihubungi detikFinance, Rabu (23/1/2019).

Dengan bank kecil bersatu, maka struktur keuangannya akan lebih baik, khususnya dari segi modal inti. Apalagi saat ini industri perbankan mendapatkan pesaing baru yang lahir dari perkembangan teknologi yakni fintech.

"Ke depan memang fintech akan mengganggu memang. Mereka kan persyaratannya lebih mudah, cepat, praktis. Calon nasabah lebih senang," tambahnya.



Menurut Paul, bank kecil yang paling rentan terkena dampak dari serangan fintech nantinya. Sebab pangsa pasarnya hampir sama. Untuk itu diperlukan merger agar lebih kuat.

"Bank kecil terganggu karena sektor mereka di ritel, kecil. Minimal pangsa pasarnya bisa berkurang lama kelamaan itu. Dengan merger ya bisa juga dari sisi modalnya lebih kuat," terangnya.

Sementara untuk bank besar, menurut Paul ada baiknya untuk membuat atau mengakuisisi fintech. Dengan begitu selain bisa bertahan juga menambah lini bisnis perusahaan.

"Menurut saya fintech bukan untuk dijadikan saingan bank, harus dibuat jadi mitra bisnis. Kalau bank tidak mampu ambil platform teknologi, digandeng saja fintechnya. Harus berdamai," tutupnya.




Saksikan juga video 'Ini Sederet Polemik Fintech Tanah Air':

[Gambas:Video 20detik]


Bank Mulai Merger, Agar Selamat dari Fintech?



(das/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed