Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 04 Feb 2019 16:05 WIB

Jelang Imlek, Bursa Hong Kong Menguat Tipis

Danang Sugianto - detikFinance
Foto: detik Foto: detik
Jakarta - Jelang libur Tahun Baru Imlek, pasar saham Hong Kong menguat tipis dalam setengah perdagangan hari ini. Penguatan didukung data ekonomi Tiongkok yang sedikit positif.

Melansir Reuters, Senin (4/2/2019), Indeks Hang Seng ditutup naik 0,2% menjadi 27.990,21, sedangkan indeks Hang Seng China Enterprises (HSCE) turun 0,3%.

Pasar modal China Daratan tutup selama seminggu untuk liburan Tahun Baru Imlek, sementara pasar Hong Kong diperdagangkan setengah hari, menjelang tiga hari libur untuk merayakan festival.

Sektor jasa China mempertahankan laju ekspansi yang kuat pada Januari meskipun pertumbuhannya sedikit moderat, merujuk sebuah survei swasta menunjukkan pada hari Minggu.


Sub-indeks dari Hang Seng tercatat untuk sektor energi dan sektor IT hampir datar, sementara sektor keuangan berakhir naik 0,4%. Saham properti rebound sedikit, naik 0,2%. Setelah sebelumnya turun Jumat lalu pada data pemerintah yang menunjukkan harga perumahan pribadi kota itu turun selama 5 bulan berturut-turut.

Sementara yuan tercatat turun 0,37% terhadap dolar AS menjadi 6,7815 per dolar AS. Hal itu lantaran indeks dolar AS global naik di perdagangan pagi.

Penyebabnya pertumbuhan data pekerjaan A.S yang melonjak pada Januari. Para pengusaha tercatat mempekerjakan sebagian besar pekerja dalam 11 bulan.

Hal itu menunjukkan kekuatan yang mendasari dalam perekonomian. Meskipun prospek yang tidak pasti telah membuat Federal Reserve khawatir tentang kenaikan suku bunga lebih besar tahun ini.

Sementara di sekitar regional, indeks saham MSCI Asia ex-Jepang melemah 0,1%, sementara indeks Nikkei Jepang naik 0,4%.

(das/fdl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed