Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 12 Mar 2019 13:23 WIB

Jeans Levi's Siap Jual Sebagian Saham, Bidik Rp 8,2 T

CNBC Indonesia - detikFinance
Foto: Rahmi Anjani Foto: Rahmi Anjani
Jakarta - Merek jeans ternama Levi Strauss berencana melepas sebagian saham di pasar modal. Dana yang bisa diraup dari aksi korporasi ini diperkirakan US$ 587 juta atau setara dengan Rp 8,22 triliun (asumsi kurs Rp 14.000/US$)

Sebanyak 36,7 juta lembar saham akan dilepas melalui mekanisme penawaran umum perdana saham atau initial public offering (IPO).

Seperti dikutip dari CNBC Indonesia, Selasa (12/3/2019), harga per saham yang ditawarkan dalam IPO kali ini yakni berkisar antara US$ 14-16 per lembar. Dana hasil IPO tersebut akan digunakan perusahaan untuk membiayai akuisisi yang belum bisa diungkap ke publik.

Reuters mencatat, dengan penggalangan dana lewat IPO ini, kapitalisasi pasar pabrikan jeans ini akan meningkatkan jadi US$ 6,17 miliar atau sekitar Rp 86,38 triliun.

Levi Strauss akan tercatat di bursa Wall Street, yakni New York Stock Exchange dengan kode saham LEVI.


Perusahaan sudah menunjuk manajer pengelola buku atau lead book-running untuk IPO ini di antaranya Goldman Sachs dan JPMorgan. Bank of America Merrill Lynch, Morgan Stanley, dan Evercore Group juga ikut terlibat dalam proses IPO ini.

Manajemen perusahaan menyatakan total 36,7 juta saham itu terdiri dari 9,5 juta saham penawaran umum, sisanya 27,2 juta saham ditawarkan kepada para stockholders atau individu dan kelompok yang terlebih dahulu memegang saham perusahaan sebelum tercatat di bursa.

Selain untuk akuisisi, dalam informasi yang dikutip Business Insider dan Reuters, dana IPO juga akan digunakan untuk keperluan operasional umum perusahaan termasuk modal kerja, biaya operasi, dan pengeluaran modal.

Levi Strauss didirikan pada 1853 di San Francisco, California, sebagai perusahaan grosir barang dan pada akhirnya menciptakan blue jeans tahun 1873. Brand yang terkenal adalah Levi's.


Levi sempat menjadi perusahaan publik (go public) sebelumnya pada tahun 1971, tapi kembali menjadi perusahaan private (tertutup) usai terjadi transaksi berkaitan dengan leverage atau pinjaman, tahun 1985.

Dalam pernyataannya, Levi mengumumkan pendapatan US$ 5,6 miliar pada 2018, naik 14% dibandingkan periode 2017. Laba bersih mencapai US$ 285 juta (Rp 4 triliun) atau stagnan dari dari laba bersih tahun sebelumnya.

Artikel asli berita ini bisa dilihat di CNBC Indonesia melalui tautan berikut ini: Tunjuk Goldman & JPMorgan, Jeans Levi's Bakal IPO Rp 8,2 T (ang/ang)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed