Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 27 Mar 2019 19:17 WIB

WIKA Bidik Proyek Kereta 1.000 Km di Afrika

Ardan Adhi Chandra - detikFinance
Foto: Danang Sugianto Foto: Danang Sugianto
Jakarta - PT Wijaya Karya (Persero) Tbk (WIKA) membidik proyek kereta di benua Afrika. Total panjang jalur kereta yang diincar mencapai 1.000 kilometer (km).

Direktur Operasi III WIKA Destiawan Soewardjono tidak hafal persis negara mana saja yang akan dibangun jaringan kereta, beberapa negara tersebut di antaranya Senegal dan Nigeria.

"Afrika itu beberapa negara, saya nggak tahu persis namanya. Kalau nggak salah Senegal, Niger, sekitar Afrika Barat lah," kata Destiawan di kantor LPEI SCBD, Jakarta, Rabu (27/3/2019).

Ia mengatakan bahwa potensi pembangunan jalur kereta di Afrika terbulang besar. "Afrika potensi sekali karena untuk jaringan railway di Afrika banyak sekali," tambahnya.

Perusahaan milik negara ini tidak sendirian dalam menggarap proyek tersebut. WIKA menggandeng BUMN lain seperti INKA selaku produsen kereta dan Len Industri sebagai penyedia sistem perkeretaapian.


"Mungkin (nilainya) Rp 40 triliun karena ini komplit paket bukan track-nya saja. Kerja samanya WIKA untuk konstruksinya, INKA untuk rolling stock, gerbong sama lokomotifnya, kemudian Len sistemnya," katanya.

Selain itu, perusahaan pelat merah ini juga berencana menggarap jembatan, jalan hingga perumahan yang tersebar di beberapa negara di Asia. Termasuk di Timor Leste, WIKA juga menggarap pembangunan jalan.

"Ada jembatan, jalan, perumahan. Ada Sarawak, Filipina, Aljazair, Dubai," tuturnya.

(ara/ang)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com