Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 28 Mar 2019 11:34 WIB

BEI akan Panggil Produsen Taro, Ada Apa?

Trio Hamdani - detikFinance
Foto: Ari Saputra Foto: Ari Saputra
Jakarta - Bursa Efek Indonesia (BEI) bakal memanggil PT Tiga Pilar Sejahtera Food Tbk (AISA) atas dugaan penggelembungan Rp 4 triliun di laporan keuangan tahun 2017. Hal ini terungkap dalam laporan Hasil Investigasi Berbasis Fakta PT Ernst & Young Indonesia (EY) atas manajemen baru AISA tertanggal 12 Maret 2019.

Direktur Penilaian Perusahaan BEI I Gede Nyoman Yetna Setia mengatakan, pihaknya akan memanggil manajemen produsen Taro itu besok, pukul 16.00 WIB.

"Kita perlu diskusikan ke mereka. Besok, jam 4 (sore) kita bertemu tim mereka," kata dia di Gedung BEI, Jakarta, Kamis (28/3/2019).

BEI juga bakal memanggil Kantor Akuntan Publik (KAP) yang terlibat dalam melakukan audit laporan keuangan AISA.




"KAP iya tentu. Tapi besok kita rencanakan dengan manajemen dulu. Baru nanti mengarah ke auditor, belum menyampaikan tanggapan, nanti kita serahkan ke auditornya," ujarnya.

"Kita ngobrol dulu dengan manajemen. Termasuk yang paling penting adalah penyelamatan aset dengan asumsi bahwa informasinya sesuai benar," lanjut Nyoman.

Lanjut dia, yang perlu diklarifikasi oleh BEI ke manajemen AISA ada beberapa hal. Terlebih, selain diduga melakukan penggelembungan (overstatement) yang nilainya mencapai Rp 4 triliun, manajemen lama juga diduga mengalirkan dana ke pihak terafiliasi senilai Rp 1,78 triliun.

"Pasti terkait penyajian, open statement, akun. Kedua yang paling penting adalah bagaimana pemanfaatan aset perusahaan. Ini kan transaksinya mengalahkan transaksi afiliasi," tambahnya. (zlf/zlf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com