Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 29 Apr 2019 19:34 WIB

PNM Terbitkan Obligasi dengan Kupon 10%

Danang Sugianto - detikFinance
Ilustrasi PNM. Foto: Pool/PNM Ilustrasi PNM. Foto: Pool/PNM
Jakarta - PT Permodalan Nasional Madani (Persero) atau PNM memutuskan untuk menerbitkan penawaran umum Obligasi Berkelanjutan III PNM sebesar Rp 6 triliun. BUMN ini pun telah menggelar paparan publik terkait hal tersebut.

Penerbitan Obligasi akan dilakukan secara bertahap. Untuk Tahap I Tahun 2019 akan diluncurkan dengan jumlah pokok obligasi sebanyak-banyaknya Rp 2 triliun. Obligasi itu dibagi dalam dua seri yakni Seri A dan Seri B.

Untuk Seri A memiliki tenor 3 tahun dengan tingkat kupon 8,75-9,75%. Sementara untuk Seri B memiliki tenor 5 tahun dengan kupon 9-10%.

"Penerbitan obligasi ini merupakan langkah startegis yang diambil PNM guna memperkuat permodalan dalam bisnis pembiayaan dan pembinaan UMKM, mengingat pertumbuhan ekonomi sektor UMKM di Indonesia cukup menjanjikan. UMKM tentunya memiliki potensi yang besar bagi fondasi perekonomian nasional jika dikelola dengan maksimal. Kehadiran UMKM bahkan membantu pemerintah dalam mengentaskan permasalahan kesejahteraan," kata Direktur Utama PNM, Arief Mulyadi dalam keterangan tertulis, Senin (29/4/2019).


Dana hasil penerbitan surat utang ini akan digunakan seluruhnya untuk modal kerja PNM. Dana yang digunakan untuk modal tersebut akan disalurkan untuk pembiayaan UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah).

Penawaran Awal (book building) akan dilakukan pada 29 April 2019 hingga 8 Mei 2019. Sedangkan masa Penawaran Umum akan dilaksanakan pada 21-23 Mei 2019. Pencatatan Obligasi di Bursa Efek Indonesia direncanakan pada 29 Mei 2019.

Perseroan telah menunjuk PT Mandiri Sekuritas, PT CIMB Sekuritas Indonesia, dan PT Indo Premier Sekuritas sebagai Penjamin Emisi Obligasi.

Sedangkan untuk Lembaga dan Profesi Penunjang Pasar Modal yang terlibat seperti Akuntan Publik Husni, Mucharam & Rasidi, Konsultan Hukum Radjiman Billitea & Partners, Wali Amanat PT Bank Mega Tbk.


PNM Terbitkan Tawarkan Obligasi dengan Kupon 10%
(das/fdl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed