Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 13 Mei 2019 15:35 WIB

Siasat Berburu Cuan di Pasar Modal saat Ramadhan

Danang Sugianto - detikFinance
Foto: Rengga Sancaya Foto: Rengga Sancaya
Jakarta - Saat Ramadhan pasar modal cenderung sepi dari transaksi. Bahkan biasanya investor lokal cenderung melakukan aksi jual saham untuk THR.

Untuk mengantisipasi hal itu, Analis Reliance Sekuritas Indonesia, Lanjar Nafi menyarankan investor untuk memilih instrumen investasi lain. Seperti misalnya obligasi ataupun reksadana.

"Intinya cari investasi dengan risiko yang rendah dulu," ujarnya kepada detikFinance, Senin (13/5/2019).


Jika investor tetap memilih saham, Lanjar menyarankan agar investor aktif trading. Investor harus lebih ketat dalam mengawasi saham yang dibeli.

"Jadi lebih jagain ketat batasan risiko dan batasan keuntungannya. Kalau mencoba beli saham turun cukup dalam itu punya peluang namun belum terkonfirmasi peluang reboundnya," tambah Lanjar.

Dia menyarankan jika membeli saham di bulan puasa, ketika turun 5% cepat-cepat lakukan stop loss atau menjualnya. Lalu jika bergerak naik, 5% saja, segera jual atau profit taking.


Sebab dengan kondisi yang tidak pasti saat Ramadhan, pasar akan bergerak tak menentu. Sehingga lebih baik bersikap sigap dalam bertransaksi untuk meminimalisir kerugian.

Untuk saham sendiri dia merekomendasikan beberapa saham yang sudah menarik untuk dibeli seperti PTBA, HMSP, UNVR, BBRI, BBNI, PGAS, JSMR, WSKT dan LPKR.

Sementara untuk Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dia memprediksi akan berada dalam rentang 6.150-6.260 saat sebelum libur Lebaran. (das/zlf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed