Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 20 Mei 2019 10:35 WIB

Investor Kini Lebih Gampang Pantau Portofolio Investasi di Bursa

Vadhia Lidyana - detikFinance
Foto: Vadhia Lidyana Foto: Vadhia Lidyana
Jakarta - PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) meluncurkan AKSes Next-G, aplikasi atau fasilitas terbaru dari AKSes (Acuan Kepemilikan Sekuritas) yang tujuannya mempermudah kegiatan investasi di pasar modal.

AKSes Next-G ini sebagai wajah baru dari aplikasi terdahulunya. Fitur terbaru dari AKSes Next-G sendiri adalah mempermudah login bagi investor hanya dengan memasukkan nomor identitas.

"Pengembangan ini merupakan suatu advance dari sisi teknologi. Sekarang, proses login yang sangat mudah. Kalau investor WNI dengan Nomor Induk Kependudukan (NIK), kalau foreign investor dengan nomor paspor," jelas Direktur Utama KSEI Friderica Widyasari Dewi, di acara peluncuran AKSes Next-G, Senin (20/5/2019).

"Salah satu alasan KSEI mengembangkan AKSes Next-G adalah karena masih rendahnya pemanfaatan fasilitas AKSes. Dan juga adanya kebutuhan investor untuk login yang lebih cepat dan mudah," tutur Friderica.



Karena, sebelumnya investor memiliki beberapa kendala di aplikasi AKSes, yakni sulitnya login karena masih membutuhkan dokumen disik berupa Kartu AKSes dan PIN Code.

"Sebelumnya, proses login cukup rumit, cukup panjang. Dan yang utama juga karena adanya kartu fisik yang harus dikirim dan ada pin code yang harus diterima nasabah," lanjutnya.

Selain itu, investor kini juga dapat memantau portofolio investasi miliknya. Portofolio investasi yang terdapat dalam AKSes Next-G ini disajikan dalam bentuk tabel dan grafik yang dikategorikan pada tiap jenis investasi. Investor juga dapat mengunduh portofolio tersebut.


Fasilitas AKSes merupakan fasilitas yang disediakan KSEI agar investor di pasar modal dapat secara langsung memantau portofolio kepemilikan Efek dan dana yang tersimpan di dalam Rekening Dana Nasabah (RDN). Peluncuran fasilitas AKSes pertama kali dilakukan KSEI pada tahun 2009 dengan nama Investor Area.

Pengembangan fasilitas AKSes dilatarbelakangi adanya kebutuhan dari para investor untuk memantau portofolio investasi di pasar modal Indonesia secara langsung di KSEI selaku Lembaga Penyimpanan dan Penyelesaian.

Dengan pemantauan secara berkala melalui fasilitas AKSes, investor dapat membandingkan laporan (account statement) yang disampaikan Perusahaan Efek (PE) dan Bank Kustodian (BK) secara berkala dengan data yang tersimpan di KSEI. (eds/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com