Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 28 Mei 2019 12:27 WIB

Jual Saham di Bursa Hong Kong, Alibaba Incar Rp 280 T

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Alibaba/Foto: detikINET/Adi Fida Rahman Alibaba/Foto: detikINET/Adi Fida Rahman
Jakarta - Raksasa e-commerce Alibaba Group Holding sedang mengkaji untuk menjual saham ke publik di bursa saham Hong Kong. Dengan melantainya e-commerce milik Jack Ma ini diprediksi mampu mengantongi sekitar US$ 20 miliar atau setara dengan Rp 280 triliun dengan asumsi kurs Rp 14.000 per dolar AS.

Mengutip CNBC, Selasa (28/5/2019), perusahaan terbesar asal China ini sekarang gencar melakukan konsultasi keuangan untuk proses listing pada paruh kedua tahun 2019.

Sumber menyebutkan tujuan utama dari pencatatan saham tersebut adalah untuk mendiversifikasi pendanaan dan meningkatkan likuiditas perusahaan. Terutama saat ini sedang terjadi perang dagang antara Amerika Serikat (AS) dan China.


Sebelumnya, Alibaba sudah menjual sahamnya di bursa saham AS yakni New York Stock Exchange (NYSE) pada 2014 lalu, saat itu mereka berhasil mengumpulkan dana sebanyak US$ 25 miliar. Hal tersebut membuat rekor sebagai penjualan saham perdana terbesar di dunia.

Keberhasilan Alibaba disebut sebut mirip dengan kesuksesan Amazon di AS yang membuat aset perusahaan menjadi US$ 400 miliar dengan saham yang naik 13% pada 2019. Hingga berita ini diturunkan pihak Alibaba belum mengeluarkan pernyataan resmi.

(kil/ara)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed