Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 19 Jun 2019 15:55 WIB

Produsen Anker Bir Bagi Dividen Rp 382 M, Pemprov DKI Dapat Berapa?

Danang Sugianto - detikFinance
Foto: Danang Sugianto/detikFinance Foto: Danang Sugianto/detikFinance
Jakarta - PT Delta Djakarta Tbk (DLTA) memutuskan untuk membagikan dividen dengan jumlah Rp 382,7 miliar. Rencana itu telah disahkan dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST).

Dividen tunai itu setara dengan Rp 478 per lembar saham. Terdiri dari dividen tunai reguler sebesar Rp 30 per lembar dan dividen tunai khusus sebesar Rp 448 per lembar saham.

Lalu berapa kiranya Pemprov DKI Jakarta dapat jatah dari dividen DLTA?

Pemprov DKI Jakarta sendiri saat ini memegang saham DLTA sebanyak 210.200.700 lembar. Angka itu setara 26,25% kepemilikan saham di produsen bir Anker itu.


Jika dikalikan dengan angka dividen tunai per lembar Rp 478 maka jumlah setoran dividen yang diperoleh Pemprov DKI Jakarta sebesar Rp 100,47 miliar.

Jumlah dividen tunai yang dibagikan DLTA itu sebenarnya 110% dari perolehan laba bersih perusahaan di 2018 sebesar Rp 338,07 miliar.
Direktur Independet DLTA Ronny Titiheruw menambahkan dividen yang dibagikan lebih dari perolehan laba itu ditambahkan dari saldo laba yang ditahan dari tahun sebelumnya.

Perusahaan yang sebagian sahamnya dimiliki Pemprov DKI Jakarta itu beberapa tahun sebelumnya memang rajin menambah saldo laba ditahan. Hal itu sebagai antisipasi gejolak bisnis perusahaan akibat dikeluarkannya Permendag No. 6/2015 tentang pengendalian dan pengawasan terhadap pengadaan, peredaran, dan penjualan minuman beralkohol.

"Waktu itu impact-nya cukup berat. Untuk berjaga-jaga situasi jadi lebih jelek," ujarnya.


Namun perusahaan merasa saat ini kondisi bisnis kembali membaik meski belum kembali ke performa sebelum kebijakan pembatasan penjualan miras itu dikeluarkan.

"Karena sudah membaik makanya kita tanbahkan agah meningkatkan value dari mereka pemegang saham," tutupnya. (das/zlf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com