Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 09 Jul 2019 10:09 WIB

4 Perusahaan Catatkan Saham Berbarengan, 3 Kena Auto Reject

Danang Sugianto - detikFinance
Foto: Danang Sugianto/detikFinance Foto: Danang Sugianto/detikFinance
Jakarta -
Jumlah emiten di pasar modal tumbuh subur. Setelah kemarin bertambah 3 emiten sekaligus, hari ini ada 4 perusahaan yang mencatatkan sahamnya berbarengan.
Keempat saham tersebut di antaranya PT Eastparc Hotel Tbk (EAST), PT Fuji Finance Indonesia Tbk (FUJI), PT Asuransi Jiwa Sinarmas MSIG Tbk (LIFE), dan PT DMS Propertindo Tbk (KOTA).
Saat dicatatkan pertama kali keempat saham baru itu langsung menguat. Penguatan paling tinggi yakni saham FUJI yang naik 70% dari harga penawaran awal Rp 110 ke posisi Rp 187.
Lalu saham KOTA juga menguat 70% dari harga penawaran awal sebesar Rp 200 ke posisi Rp 340. Kemudian saham EAST naik 49,62% dari posisi harga penawaran Rp 133 ke posisi Rp 199.
Ketiga saham tersebut langsung terkena auto reject. Sebab ketiganya menguat hingga level batas atas.

Hanya saham LIFE yang tidak terkena auto reject lantaran harganya yang begitu tinggi. Saat dicatatkan sahamnya hanya menguat 2,48% dari harga penawaran awal Rp 12.100 ke posisi Rp 12.400.
IPO LIFE sendiri merupakan jalan keluar bagi PT Sinar Mas Multiartha Tbk (SMMA). Pelepasan itu dilakukan dengan cara mengantarkan perusahaan melantai di pasar modal.
Asuransi Jiwa Sinarmas MSIG menawarkan saham yang dimilikinya sebanyak-banyaknya sebesar 420.000.000 saham kepada publik.
Menariknya, saham yang ditawarkan itu sepenuhnya milik Sinar Mas Multiartha. Harga yang ditawarkan tidak dalam rentang, atau satu harga yakni Rp 12.100. Artinya hasil dana pelepasan saham perusahaan bukan masuk ke kantong perusahaan seperti IPO pada umumnya, tapi ke Sinar Mas Multiartha.

Berdasarkan prospektus, profil kepemilikan saham Asuransi Jiwa Sinarmas MSIG sebelum aksi ini adalah dimiliki oleh Sinar Mas Multiartha dan Mitsui Sumitomo Insurance Co. Ltd. Kepemilikan saham keduanya sama besar, yakni masing-masing 525 juta lembar saham atau 50-50.

Itu artinya jumlah 420 juta lembar saham itu setara dengan 40% dari modal yang ditempatkan dan disetor penuh perusahaan. Nilai saham yang dilepas itu setara Rp 5,08 triliun yang kemudian masuk ke kantong Sinar MasMultiartha.


Simak Video "Tren Baru, ''Kupinang Kau dengan Saham''"
[Gambas:Video 20detik]
(das/zlf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com