Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 15 Jul 2019 11:12 WIB

Jokowi-Prabowo Bertemu, Rupiah Paling Perkasa di Asia

Eduardo Simorangkir - detikFinance
Foto: Tim Infografis, Kiagoos Auliansyah Foto: Tim Infografis, Kiagoos Auliansyah
Jakarta - Pertemuan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ketum Gerindra Prabowo Subianto pada Sabtu (13/7) lalu tampaknya benar memberi sentimen positif pada kondisi market. Pagi ini, rupiah dan IHSG kompak dibuka hijau dan menguat di antara saingannya.

Mengutip data RTI, Senin (15/7/2019), rupiah menjadi mata uang paling kuat menekan dolar Amerika Serikat (AS) per pukul 10.45 WIB. Rupiah yang berada di level Rp 13.936 menekan dolar AS hingga 71 poin (0,51%).

Di bawah rupiah, ada dolar Australia dan dolar Selandia Baru yang menekan dolar AS paling dalam hari ini. Mata uang Asia yang berhasil dolar AS di antaranya rupee India, baht Thailand, dolar Taiwan, hingga ringgit Malaysia.

Sementara rupiah tercatat menguat di seluruh mata uang negara utama dunia. Tiga mata uang yang paling kuat ditekan rupiah hingga pukul 10.45 WIB adalah won Korsel, yen Jepang, dan ringgit Malaysia.



Dari data perdagangan Reuters, penguatan rupiah hari ini tercatat yang paling tinggi sejak Februari 2019. Dolar AS saat itu terperosok hingga level Rp 13.910-an.

Sebelumnya, peneliti dari INDEF Bhima Yudhistira mengatakan dampak dari pertemuan Jokowi dan Prabowo memang akan berpengaruh secara sementara kepada market. Rupiah dan IHSG akan ketiban untung secara temporer.

"Saya melihat efek nanti ke market ya apakah nilai tukar rupiah atau investasi saham ini dampaknya hanya temporer. Paling nggak berlangsung 3-4 hari pada waktu sesi perdagangan dibuka," kata Bhima saat dihubungi Sabtu (13/7) lalu.

Adapun dampak yang lebih panjang menurut dia nanti bisa dilihat saat Jokowi mengumumkan susunan kabinet periode yang kedua. Hal ini menurutnya paling ditunggu investor saat ini.



Simak Video "Dolar AS Masih Bertengger di Level Rp 14.073"
[Gambas:Video 20detik]
(eds/ang)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com