Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 24 Jul 2019 18:05 WIB

Anak Usaha Jasa Marga yang Kelola Trans Jawa Mau Lepas Saham

Eduardo Simorangkir - detikFinance
Tol Trans Jawa/Foto: Grandyos Zafna Tol Trans Jawa/Foto: Grandyos Zafna
Jakarta - PT Jasa Marga (Persero) Tbk telah mendirikan anak usaha yang mengelola seluruh ruas-ruas tol Trans Jawa yang dimiliki perseroan, yaitu PT Jasamarga Transjawa Tol. Anak usaha yang dibentuk sejak 2017 tersebut disiapkan untuk masuk ke pasar modal melalui mekanisme pencatatan saham perdana atau initial public offering (IPO).

Corporate Finance Group Head Jasa Marga Eka Setya Adrianto mengatakan saat ini pihaknya menunggu waktu yang tepat untuk melakukan pemisahan atau spin off sebelum ditawarkan kepada publik. Waktu yang tepat tersebut mengacu kepada kinerja ruas-ruas tol yang baru beroperasi.

"Kita sudah set up sub holding Trans Jawa untuk IPO. Tapi kita masih melihat timing yang tepat," katanya saat ditemui di Green Terrace, Jakarta, Rabu (24/7/2019).


"Saat ini kajiannya karena anak-anaknya (ruas tol Trans Jawa) cashflow-nya masih negatif di level 70% kayaknya belum tepat. Jadi tinggal timing-nya saja. Mungkin tiga tahun yang akan datang atau paling cepat dua tahun," tambahnya.

IPO menjadi salah satu aksi korporasi yang akan dilakukan perseroan dalam mencari sumber pendanaan. Sebelumnya perseroan juga telah melakukan sejumlah strategi pendanaan di antaranya sekuritisasi pendapatan tol, project bond, global IDR bond (Komodo Bond), Reksa Dana Penyertaan Terbatas (RDPT), dan Dana Investasi Infrastruktur (DINFRA).

Ke depan Jasa Marga juga tak menutup kemungkinan melakukan reprofilling utang demi menjaga kondisi keuangan dan perkuatan struktur permodalan melalui pinjaman perbankan. Aksi korporasi tersebut rencananya akan dilakukan lewat anak usaha di ruas tol Semarang-Solo dan Surabaya-Mojokerto.


Anak Usaha Jasa Marga yang Kelola Trans Jawa Mau Lepas Saham


Simak Video "Pengumuman! Mulai Besok Tarif Tol Bandara Soekarno Hatta Naik"
[Gambas:Video 20detik]
(eds/ara)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com