Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 20 Agu 2019 21:40 WIB

Mau Jual Tol, PTPP Targetkan Kantongi Rp 400 Miliar

Danang Sugianto - detikFinance
Tol Pandaan-Malang/Foto: Kementerian PUPR Tol Pandaan-Malang/Foto: Kementerian PUPR
Jakarta - PT PP (Persero) Tbk berharap arus kas perusahaan tahun ini bisa positif. Salah satu hal yang akan dilakukan perusahaan adalah menjual kepemilikan tolnya.

Direktur Utama PTPP Lukman Hidayat mengatakan, tahun ini perusahaan berniat untuk menjual dua ruas tolnya, yakni Pandaan-Malang dan Medan-Kualanamu.

"Maksimal dua, kita usahakan. Kalau bisa dua syukur, kalau tidak bisa satu," ujarnya di Gedung BEI, Jakarta, Selasa (20/8/2019).


Menurut perhitungan, perusahaan bisa mengantongi uang sekitar Rp 400 miliar. Angka itu termasuk penjualan kepemilikan pelabuhan perusahaan.

Untuk tol Pandaan-Malang sendiri perusahaan hanya akan menjual kepemilikan sahamnya. Saat ini PTPP memegang 35%, rencananya akan dijual 20-25% kepemilikan sahamnya di ruas tersebut ke pemegang saham terbesar.

"Peminatnya sedang bicara. Tentu yang pertama pemegang saham partner kita. Kalau di Malang ya Jasa Marga terbesar. Ini kita lagi bicara kalau Jasa Marga setuju, kalau tidak ya kita punya opsi bisa jual ke pihak lain di luar Jasa Marga," tambahnya.


Perusahaan berharap arus kas di tahun ini bisa positif. Minimal perusahaan berharap kondisi arus kas tahun ini bisa sama dengan tahun lalu.

Selain itu perusahaan menyatakan sudah berhasil membukukan kontrak baru sebesar Rp 14,81 triliun sampai dengan semester I-2019. Pencapaian kontrak baru itu terdiri dari kontrak baru induk perseroan sebesar Rp 13,15 triliun dan anak perusahaan sebesar Rp 1,66 triliun.

Simak Video "Resmi Beroperasi, Tol Pandaan-Malang Gratis Hingga Lebaran"
[Gambas:Video 20detik]
(das/ara)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com