Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 09 Sep 2019 17:20 WIB

Akhir Tahun, Dolar AS Diprediksi Rp 14.200-Rp 14.300

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Foto: Grandyos Zafna Foto: Grandyos Zafna
Jakarta - Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS hingga akhir tahun diprediksi berada di kisaran Rp 14.200 - Rp 14.300.

Kepala Ekonom PT Bank Mandiri Andry Asmoro mengungkapkan stabilitas nilai tukar rupiah tersebut turut didorong oleh aliran modal asing yang masuk ke pasar obligasi dan pasar saham, masing-masing sebesar Rp116 triliun dan Rp59 triliun.

Dia menjelaskan, untuk neraca perdagangan mulai menunjukkan perbaikan, dimana angka defisit pada periode Januari sampai dengan Juli 2019 berhasil diturunkan menjadi USD1,9 miliar, menurun dibandingkan pada periode yang sama tahun lalu sebesar US$3,2 miliar.



Andry menyebutkan, secara keseluruhan Bank Mandiri memandang stabilitas ekonomi Indonesia masih baik dan terjaga.

"Kami masih optimis stabilitas ekonomi internal dan eksternal ke depan masih akan terjaga," kata dia dalam Media Gathering Macroeconomic Outlook 2019 di Plaza Mandiri, Jakarta, Senin (9/9/2019).

Kemudian ditambahkan, dengan terjaganya angka inflasi dan nilai tukar Rupiah itu maka membuka ruang bagi Bank Indonesia melakukan pelonggaran kebijakan moneter untuk mendorong pertumbuhan ekonomi nasional

"Seperti kita ketahui, Bank Indonesia telah menurunkan suku bunga acuan Seven Days Repo Rate selama dua bulan berturut-turut, Juli dan Agustus, yaitu masing-masing sebesar 25 basis points menjadi 5,5%," ujarnya.

Menurut dia, pelonggaran kebijakan moneter ini sangat penting untuk mendorong pertumbuhan ekonomi nasional, di tengah kecenderungan perlambatan pertumbuhan ekonomi global dan peningkatan ketidakpastian yang bisa menekan pertumbuhan ekonomi nasional.



Simak Video "Pilpres Takkan Pengaruhi Nilai Tukar Rupiah di Semester I 2019"
[Gambas:Video 20detik]
(kil/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com