Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 30 Sep 2019 11:15 WIB

Siap-siap Saham Unilever Jadi Murah, Mau Stock Split

Danang Sugianto - detikFinance
Foto: Dok. Reuters Foto: Dok. Reuters
Jakarta - PT Unilever Indonesia Tbk (UNVR) berniat memecah nilai saham alias stock split. Harga saham berkode UNVR itu akan makin terjangkau.

Sayangnya manajemen Unilever belum menyebutkan rasio pemecahan nilai saham tersebut. Pada perdagangan hari ini, saham UNVR berada di kisaran Rp 46.500 setelah terkena koreksi pagi tadi.

"Mengumumkan bahwa Perseroan berencana untuk melakukan perubahan nilai nominal saham (stock split). Perseroan menilai aksi korporasi ini akan membuat saham UNVR menjadi lebih terjangkau oleh investor retail kebanyakan," tulis perseroan dalam keterbukaan informasi yang dikutip, Senin (30/9/2019).

Perseroan akan menyampaikan usulan mengenai perubahan nilai nominal saham (stock split) dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB). Waktu pelaksanaan RUPSLB juga belum ditentukan.

Jika diasumsikan perseroan akan melakukan stock split 1:10 maka harga saham berada pada level Rp 4.700 per lembar. Namun jika rasionya 1:5 maka harga saham akan menjadi Rp 9.400 lembar.


Dengan dipecahnya nilai saham, maka harganya akan makin terjangkau. Dengan asumsi rasio pecah saham tadi maka jika investor ingin ingin membeli satu lot saham UNVR cukup dengan Rp 470.000 atau Rp 940.000 saja, tidak perlu mengeluarkan dana hingga Rp 4,7 juta per lot.

"Kami berharap dengan adanya stock split ini harga saham UNVR akan menjadi lebih terjangkau oleh investor ritel kebanyakan. Selain itu, stock split ini juga diharapkan akan mendukung pertumbuhan bursa efek Indonesia karena adanya peningkatan likuiditas perdagangan saham UNVR," kata Sancoyo Antarikso, Direktur sekaligus Sekretaris Perusahaan UNVR, dalam keterangan tertulis.

Saat ini total jumlah saham yang dicatatkan perseroan di BEI mencapai 7,63 miliar lembar. Dari total jumlah saham tersebut, 84,99% atau 6.484.877.500 dimiliki oleh Unilever Indonesia Holding B.V dan sisanya 15.01% atau 1.145.122.500 dimiliki oleh publik atau masyarakat.



Simak Video "Wishnutama Tekan Aplikasi Asing Berinvestasi Langsung di Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(ang/zlf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com